Universitas Swasta Terkemuka di Tangerang Banten


Karena lokasinya tidak begitu jauh dari Jakarta, Tangerang mempunyai universitas yang dikelola oleh swasta. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki prestasi akademik yang cukup membanggakan serta mempunyai reputasi yang terpercaya. Salah satu universitas swasta terkemuka di Tangerang tersebut antara lain yaitu Universitas Pelita Harapan atau UPH.

Universitas ini berdiri pada 1994. Pendirinya adalah James Riady yang merupakan pendiri grup Lippo dan Johanes Oentoro. Sebelumnya, Universitas Pelita Harapan berkampus di daerah Kedoya, Jakarta. Namun, beberapa waktu berikutnya mengalami perpindahan tempat yaitu di kawasan Lippo Karawaci Tangerang.

Sejak 2006, UPH mulai membuka kelas atau jurusan bertaraf internasional. Mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar kesarjanaan yang diakui oleh negara lain dapat kuliah di sini tanpa harus pergi ke luar negeri. Untuk program sarjana atau S1 terdapat 13 fakultas. Sedangkan program pasca sarjana atau S2 punya delapan jurusan. Selain itu masih ada program doktor, tapi untuk saat ini hanya ada satu saja yaitu doktor hukum.

Universitas lain yang tidak kalah terkemuka adalah SGU atau Universitas Swiss German. Pusat kampusnya ada di kawasan Serpong Tangerang. Adapun pengelola dan pendirinya yaitu Yayasan Swiss Jerman University Asia yang mulai beroperasi pada 2000. Yayasan ini adalah salah satu bentuk kerja sama antara negara Swiss, Jerman, Austria, dan Indonesia.

Tujuan pendiriannya adalah memberi layanan dan sistem pendidikan kepada mahasiswa dengan mutu dan kualitas sesuai standar internasional. Karena itu, mahasiswa yang kuliah di tempat ini akan mendapatkan gelar yang diakui oleh pemerintah Indonesia sekaligus gelar internasional. Jadi, mereka bisa bekerja di luar negeri tanpa perlu kuliah lagi.

Jurusan atau program studi yang tersedia adalah BA atau Bussiness Administration, Mechatronics, dan IT atau Information Technology. Khusus untuk Mechatronics, ini merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Indonesia dan merupakan gabungan dari Electrical, Mechanical, serta IT. Selain itu, pada 2001 ada jurusan baru yaitu Hotel atau Tourism dan Multimedia.

Sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Tangerang SGU terus menambah jurusan serta program studi yang lain. Karena itu, mereka berusaha melakukan penambahan. Hingga saat ini, yang sudah berjalan adalah Fakultas Teknik, MIPA, Ekonomi, Sastra, dan Hukum.

Selanjutnya : Membahas tentang Hukum Internasional
Sebelumnya: Beberapa Lensa yang Wajib Dimiliki Fotografer Jurnalistik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar