Universitas Swasta atau Universitas Negeri?

Semakin tingginya jumlah perguruan tinggi di seluruh Indonesia membuat semakin banyaknya peluang serta pilihan bagi calon-calon mahasiswa di setiap tahun. Di atas semua pilihan untuk masuk perguruan tinggi, umumnya terdapat dua pilihan utama, yaitu Universitas Swasta atau Universitas Negeri. Artikel ini dibuat untuk memaparkan kedua jenis perguruan tinggi tersebut sekaligus membantu calon mahasiswa untuk memilih.

Universitas Swasta atau Negeri

Pertama, melihat aspek komersialitas untuk dunia kerja. Umumnya perusahaan di Indonesia selalu memilih atau menomorsatukan lulusan dari perguruan tinggi yang sudah ada nama atau yang menjalin hubungan dengan mereka.

Meskipun banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perguruan tinggi negeri lebih baik ketimbang swasta namun pada kenyataan banyak perusahaan yang memilih lulusan universitas swasta karena dipandang lebih unggul secara soft skill, kapabilitas dan kompetensi.

Kedua, visi dan misi perguruan tinggi. Hal ini berkaitan dengan kesanggupan universitas untuk menghasilkan produk yang mumpuni. Perguruan tinggi negeri memperoleh dari negara sehingga biaya yang dibebankan kepada mahasiswa lebih murah. Imbasnya pada ketersediaan fasilitas pembelajaran.

Perguruan tinggi swasta  tidak didanai pemerintah, tetapi dari mahasiswa dan para donatur. PTS secara umum lebih unggul dalam ketersediaan sarana pembelajaran.

Ketiga, Akreditasi Perguruan Tinggi. Secara umum, akreditasi dipandang sebagai seberapa mutu universitas bersangkutan sehingga hal ini menjadi daya tarik. Selain itu, status akreditasi sangatlah penting dalam dunia pekerjaan nanti. Banyak PTS yang belum terakreditasi sementara PTN lebih banyak yang sudah diakreditasi.

Keempat, Jumlah biaya yang ditanggung mahasiswa. Biaya di PTS lebih mahal ketimbang PTN. Untuk meringankan beban mahasiswa, pemerintah mengadakan beasiswa dalam bentuk subsidi silang, bidik misi, atau beasiswa dari yayasan-yayasan tertentu. Bidik misi selama ini diketahui masyarakat hanya ada di PTN ternyata terdapat pula di PTS. Bidik misi PTS diberikan hanya pada prodi kedokteran, teknik, sains, pertanian, dan akuntansi.

Demikian beberapa keterangan yang bisa dilihat untuk memilih antara PTN dan PTS. Untuk diketahui, tidak seperti anggapan masyarakat, tidak semua universitas negeri lebih baik daripada universitas swasta. Banyak PTS di Indonesia yang cukup diperhitungkan di Asia ataupun dunia. Lulusan-lulusan PTS juga banyak yang dipesan terlebih dahulu oleh perusahaan-perusahaan ternama sebelum mereka lulus.

Loading...
Selanjutnya : Bagaimana Menjawab Pertanyaan Penting Saat Wawancara Melamar Pekerjaan
Sebelumnya: Materi Khutbah Jumat Anak-Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar