Universitas Termahal di Jakarta


Selepas lulus sekolah SMA sederajat, biasanya banyak yang ingin melanjutkan sekolah ke tingkat selanjutnya di universitas. Namun banyak juga yang tidak demikian.

Banyak alasan, biasanya adalah biaya yang terbatas untuk melanjutkan mimpi kuliah di universitas termahal di Jakarta. Sehingga sebagian lain memilih untuk langsung bekerja daripada melanjutkan kuliah ke tingkat selanjutnya.

Kuliah di kampus yang baik adalah impian setiap orang. Apalagi jika kuliah bisa mendapatkankan dukungan finansial dan moral yang tinggi. Tentu menjalani kuliah akan lebih terasa ringan.

Jakarta adalah pusat ibukota dan menjadi sentral peradaban setidaknya di Indonesia. Untuk masuk ke Jakarta, baiknya tidak asal-asalan.

Karena tidak semua yang datang ke Jakarta bisa menjadi sukses. Banyak juga yang kembali pulang kampung karena tidak bisa bersaing di Jakarta yang sangat keras persaingan hidupnya.

Begitu juga dengan memasuki dunia pendidikan di Jakarta. Biaya pendidikan yang mahal di Negeri ini telah menjadi pameo bahwa hanya orang-orang yang “berduit” lah yang bisa kuliah di Universitas yang baik dan ternama.

Setidaknya ada beberapa Universitas yang baik dan cukup populer ada di Jakarta. Sebut saja misalnya Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Jakarta (UIN Syarif Hidayatullah), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Trisakti, Universitas Mercubuana, Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah dan sekolah tinggi-sekolah tinggi lainnya.

Di antara semua itu, Universitas Indonesia adalah magnet terbesar untuk dapat kuliah di perguruan tinggi negeri. Universitas Indonesia terkenal memiliki kualitas yang baik di Indonesia.

Banyak siswa-siswa lulusan sekolah menengah ingin melanjutkan kuliah di sana.Untuk dapat masuk ke Universitas Indonesia pun tidak mudah. Harus didahului dengan serangkaian tes dan wawancara.

Setelah itu, jika lulus maka harus menyediakan uang untuk  biaya kuliah yang juga tidak sedikit. Di tambah lagi dengan biaya hidup sehari-hari di Jakarta selama kuliah.

Dari sisi finansial, setiap orang harus siap untuk menghadapi tekanan hidup di Jakarta yang keras. Kampus-kampus negeri yang ada tidak juga dapat memberikan fasilitas yang memadai untuk meng-cover semua kebutuhan mahasiswanya.

Sehingga setiap mahasiswa haruslan dapat memenuhi kebutuhannya masing-masing. Maka dari itu, universitas termahal di Jakarta tidak hanya diukur dari pemenuhan biaya pendidikan juga harus memenuhi kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya : Kelenjar Parotis Menghasilkan Enzim Apa?
Sebelumnya: Nama Pakaian Adat DKI Jakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar