Universitas Yang Ada Di Wilayah Bogor Jawa Barat

IPB atau Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu universitas yang ada di wilayah Bogor, Jawa Barat. Namanya sangat terkenal di Indonesia. Lembaga pendidikan tinggi ini mulai berdiri pada 1963. Namun, pada waktu itu IPB masih bernaung di bawah UI atau Universitas Indonesia yang membawahi lima fakultas yaitu pertanian, perikanan, kehutanan, peternakan, dan kedokteran hewan.

Namun saat ini, setelah mengalami banyak perkembangan, IPB sudah mempunyai fakultas lain sehingga jumlahnya mencapai sepuluh fakultas. Selain lima yang sudah disebutkan di atas, masih ada Fakultas Teknologi Pertanian, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi Manajemen, Ekologi Manusia, dan pascasarjana.

Loading...

Di Bogor juga terdapat universitas lain yang juga cukup terkenal, misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi atau STIE Binaniaga yang mempunyai program studi sarjana atau S1 manajemen dan Diploma III Akutansi. Fasilitas yang disediakan oleh kampus untuk mahasiswa antara lain yaitu ruang kelas, ruang tata usaha, perpustakaan, laboratorium komputer, dan laboratorium akutansi. Selain itu, masih ada beberapa fasilitas lain untuk menunjang kegiatan belajar.

Universitas lainnya yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Industri dan Farmasi atau STIF. Sedangkan program studi yang ditawarkan adalah Sarjana Farmasi atau S1, Diploma III Kimia Industri dan Diploma III Farmasi. Tujuan dari pendirian STIF ini adalah menciptakan sumber daya manusia atau tenaga kerja yang bisa digunakan untuk memenuhi perkembangan dan kebutuhan industri terutama yang berlokasi di kota Bogor.

Kemudian, ada juga Sekolah Tinggi Ekonomi atau STIE Triguna. Program studinya terdiri dari empat jurusan yaitu tiga jenjang sarjana atau S1 Manajemen, Manajeman Indutri dan Akutansi, lalu satu program Diploma III Akutansi.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh STIE Triguna adalah setiap mahasiswanya bisa menempuh pendidikan dalam waktu yang lebih singkat karena dalam satu tahun dibagi menjadi 3 semester. Jika dihitung dari sisi waktu, tentu hal ini jauh lebih menguntungkan. Pada umumnya, satu tahun hanya terdapat dua semester saja.

Secara keseluruhan, universitas yang ada di wilayah Bogor jumlahnya lebih dari empat puluh termasuk sekolah tinggi setingkat akademi. Jadi, masyarakat mendapat pilihan yang lebih banyak. Semua fasilitas pendidikan tingkat tinggi ini tidak hanya dapat dinikmati masyarakat Bogor saja, tetapi juga mahasiswa dari daerah lain.

Loading...
Selanjutnya : Deskripsi Ucapan Selamat Tidur Untuk Kekasih
Sebelumnya: Buah Untuk Meredakan Batuk
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar