Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik dalam Prosa


Unsur Intrinsik

Prosa merupakan salah satu jenis karya sastra yang ciri khasnya memiliki unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik di dalamnya.

Unsur ekstrinsik dalam sebuah prosa biasanya meliputi unsur-unsur di luar karya semisal sosial, politik, ideologi, yang umumnya melatarbelakangi pengarangnya.

Unsur ini biasanya mempengaruhi faktor cerita yang disusun pengarang dalam membuat sebuah prosa terutama novel.

Unsur instrinsik adalah unsur yang membangun cerita. Unsur pada intrinsik ini adalah unsur teknis yang menjadi landasan mengapa sebuah cerita dibangun.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam unsur ini. Hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah

Tema

Tema adalah ide yang membangun keseluruhan cerita yang diusung pengarangnya. Ada berbagai jenis tema yang umum diangkat.

Misalnya tema percintaan, kehidupan rumah tangga, agama, kasih sayang, politik, dan juga tema kemanuasian lainnya.

Penokohan

Unsur pada intrinsik yang satu ini membahas tentang para pelaku yang terlibat dalam cerita. Penokohan juga menyangkut tentang sifat dan juga karakter tokohnya.

Latar

Latar atau setting adalah unsur pada intrinsik yang berhubungan dengan kondisi atau situasi dalam cerita. Biasanya menyangkut tentang tempat dan waktu terjadinya sebuah cerita baik dalam novel ataupun cerpen.

Sudut Pandang

Unsur ini membahas tentang cara pandang pengarang atau penulis dalam melihat cerita. Ada dua jenis sudut pandang. Pertama sudut pandang orang pertama.

Sudut pandang ini memosisikan penulis sebagai “aku” dalam penceritaanya. Sudut pandang yang ekdua adalah sudut pandang ketiga.

Sudut pandang ini menggunakan pemeran dia atau sederhananya penulis mengambil jarak dengan salah satu tokoh sehingga ada kebebasan bagi penulis dalam mengungkapkan kejadian tiap tokohnya.

Alur

Alur adalah rangkaian cerita yang terjadi. Pengarang bisa memakai alur maju yang sangat umum atau juga alur mundur yang gaya penceritaaanya menggunakan flashback.

Ada juga alur cam puran yang pola penceritaaan ada dua masa (masa lalu dan masa sekarang bahkan masa depan).

Amanat

Amanat adalah unsur pada intrinsik yang disampaikan pengarang kepada pembaca melalui cerita dalam novel. Untuk menemukan sebuah amanat cerita, tidak cukup dengan membaca dua atau tiga paragraf saja, melainkan kamu harus membaca keseluruhan ceritanya.

.

Itulah sedikit penjelasan tentang unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik dalam sebuah prosa (novel dan cerpen). Kedua unsur ini selalu dilihat sebagai sebuah kesatuan yang membangun pondadi cerita.

Selanjutnya : Mengenal Prosedur Ekspor
Sebelumnya: Mengenal Program Komputer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar