Definisi dan Unsur-unsur Komunikasi Massa

Definisi dari komunikasi masa adalah bentuk komunikasi yang wilayah cakupannya lebih luas dan berada di tingkatan masyarakat. Komunikasi ini dilakukan melalui media massa dan punya tujuan untuk menyampaikan suatu informasi kepada mereka. Adapun unsur-unsur komunikasi massa adalah sebagai berikut.

Pertama adalah komunikator yaitu pihak yang memakai media massa untuk menyebar informasi sehingga bisa diketahui oleh masyarakat secara cepat. Meski keberadaannya tidak bisa diketahui, namun komunikator yang baik mampu memberi pemahaman maupun wawasan serta pemecahan masalah dengan baik.

Penyampaian pesan dan informasi ini membutuhkan biaya yang besar, namun komunikator juga bisa mendapat keuntungan dari penyampaian informasi tersebut. Misalnya dia bekerja di sebuah media massa atau lembaga yang dapat membagi tugas secara ekstensif dan memakai biaya dalam pekerjaan itu.

Unsur kedua, media massa yang berfungsi sebagai alat penghubung antara komunikator maupun penyedia informasi dan masyarakat yang berposisi sebagai penerima. Hubungan ini punya sifat terbuka sehingga semua orang bisa melihat, mendengar, atau membaca informasi tersebut.

Karena itu banyak yang mengatakan media massa juga punya peran sebagai pendidik masyarakat agar mereka bisa cerdas dan maju. Namun selain itu media massa juga bisa menjadi hiburan serta institusi budaya. Media massa ini terbagi menjadi dua yaitu elektronik dan cetak.

Unsur lainnya atau yang ketiga adalah informasi itu sendiri. Perlu diketahui, komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang sifatnya terbuka. Jadi informasi yang disampaikan tidak hanya ditujukan pada satu orang atau secara individu saja namun menyeluruh pada masyarakat.

Berikutnya adalah gatekeeper, yaitu penyeleksi terhadap informasi tersebut. Gatekeeper biasanya ada pada suatu organisasi atau lembaga. Fungsinya yaitu menyeleksi semua informasi. Selain itu mereka punya hak untuk menentukan apakah informasi tersebut bisa disampaikan atau tidak.

Unsur selanjutnya khalayak atau masyarakat yang menerima informasi maupun pesan. Mereka berada dalam posisi sebagai pendengar atau pembaca dan permirsa suatu media massa. Sifat dari komunikasi ini anonim dan heterogen. Sebab pesan yang disampaikan tidak ditujukan pada kelas sosial tertentu dan penerima informasi tidak dikenal oleh komunikator.

Sedangkan unsur-unsur komunikasi massa yang terakhir yaitu umpan balik. Dulu umpan balik ini bersifat tunda. Namun setelah ada kemajuan teknologi informasi sifat tunda ini sudah mulai ditinggalkan.

Loading...
Selanjutnya : Kata Emas Alkitab, Firman Tuhan Tentang Kekayaan
Sebelumnya: Kamus Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar