Mengenal Unsur-unsur Novel

Bagi sebagian orang membaca novel adalah kegiatan yang menyenangkan. Setiap orang tentunya memiliki jenis novel favorit, misalnya novel cinta, misteri, sejarah, fiksi ilmiah, dan jenis-jenis novel lainnya. Selain gemar membaca novel, tidak ada salahnya bila kita mengetahui unsur-unsur novel.

Unsur-unsur Pada Novel    

Loading...

Bila kita berniat untuk menganalisis novel yang kita baca, kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang terdapat di dalam novel. Semua unsur tersebut akan mempermudah kita dalam melakukan analisis. Ada dua jenis unsur di dalam novel yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang ada di dalam novel dan erat kaitannya dengan cerita yang disampaikan dalam novel tersebut. Unsur intrinsik novel adalah sebagai berikut.

1. Tema

Tema merupakan poin penting yang mencakup keseluruhan isi cerita. Tema haruslah bisa masuk dalam setiap bab dan setiap bagian dari cerita.

2. Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah pelaku yang menjadi subjek dalam cerita yang berlangsung, sedangkan penokohan adalah semua peristiwa yang berhubungan dan dialami oleh si tokoh.

3. Plot

Plot merupakan alur dari cerita. Alur sendiri bisa berbagai macam ada alur maju, alur mundur, alur maju dan mundur, serta beberapa alur lainnya.

4. Latar

Latar merupakan keterangan mengenai waktu, tempat, dan suasana yang terjadi di dalam cerita.

5. Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan posisi penceritaan yang dibuat oleh pengarang, apakah pengarang memosisikan diri sebagai orang pertama (aku) atau orang ketiga (dia). Masih banyak pembagian lagi di dalam sudut pandang yang bisa dicari lebih lanjut.

6. Pesan atau Amanat

Setiap cerita di dalam novel tentunya memiliki pesan atau amanat  yang ingin disampaikan oleh penulis. Pesan tersebut bisa saja bersifat eksplisit atau jelas ada dan dituliskan dalam cerita, dan juga eksplisit atau tersembunyi dan pembaca harus pintar-pintar mencari pesan apa yang hendak disampaikan pengarang.

Unsur ekstrinsik merupakan unsur novel yang berasal dari luar cerita, unsur ekstrinsik meliputi latar belakang pengarang, keadaan sosial masyarakat pada saat cerita tersebut dibuat, dan bisa juga sejarah dari perkembangan karya sastra.

Setelah mengenal unsur-unsur novel, kita bisa mulai menganalisis novel yang kita baca. Mulai saja dengan analisis sederhana seperti unsur intrinsik sampai unsur ekstrinsik dari novel tersebut.

Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Lebih Dekat dengan Zakat
Sebelumnya: Struktur dan Pengertian Organisasi Pemerintahan Pusat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar