Upaya Mengatasi Pencemaran Laut


Polusi laut disebabkan oleh bahan kimia dan puing-puing air laut pencemar lainnya. Tumpahan minyak, limbah pabrik, dan sampah berkontribusi terhadap masalah ini. Meskipun beberapa peristiwa alam, seperti gunung berapi, dapat menyebabkan beberapa polusi, polusi laut tetap berasal dari aktivitas manusia. Untungnya, ada banyak upaya mengatasi pencemaran laut dan hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah ini.

Air adalah salah satu sumber daya alam yang paling berharga di bumi dan perlu dilindungi. Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah belajar tentang praktik pembuangan limbah yang tepat. Oli mobil, cat, dan bahan kimia pembersih merupakan bahan yang harus dibuang dengan benar, dan tidak dibuang sia-sia atau tumpah di tanah. Setiap pembuangan bahan tersebut dapat mempengaruhi pasokan air setempat dan mungkin menyebabkan lebih banyak polusi di laut.

Seseorang pun harus berhati-hati dengan sampah dan tidak membuang sampah sembarangan. Sebenarnya, program daur ulang dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke pembuangan. Selain itu, jangan buang ke sungai karena limpasan air dapat membawa sampah dan kontaminan lainnya ke laut. Hal tersebut akan merugikan potensi satwa liar. Masyarakat dan individu juga dapat mengatur pembersihan, terutama jika mereka tinggal di dekat badan utama air, seperti laut, danau, atau sungai, terlebih muara. Pemerintah pun harus memasang pintu air di muara sungai untuk mencegah sampah yang dibuang pergi ke laut.

Selain itu, Anda dapat melakukan aksi yang dapat berguna bagi individu dan pemerintah tahu bahwa masyarakat khawatir tentang jumlah limbah industri yang dibuang ke lautan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk yang paling merusak polusi air. Masyarakat juga bisa bersikeras menuntut peraturan pemerintah yang lebih ketat untuk pembuangan limbah pabrik dan mendorong perusahaan untuk menggunakan cara-cara bersih dalam membuang limbah ke laut.

Demikianlah beberapa upaya mengatasi pencemaran laut yang dilakukan untuk melindungi lautan dan ada banyak cara bagi masyarakat untuk melakukan pelestarian alam. Masyarakat dapat mengurangi penggunaan air, berhati-hati dengan bahan kimia yang datang dalam kontak pasokan air, dan mendorong perusahaan-perusahaan besar untuk meningkatkan teknik pengelolaan limbah.

Selanjutnya : Peluncuran Parfum David Beckham
Sebelumnya: Upacara Pemasangan Anting Suku Dayak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar