Upaya Mengatasi Permasalahan Lingkungan Di Sekitar


Permasalahan lingkungan hidup yang terjadi semakin lama semakin bertambah banyak dari waktu ke waktu. Setidaknya ada enam permasalahan dalam lingkungan hidup yang paling sering ditemui yaitu permasalahan air bersih, energi, keanekaragaman hayati, polusi, dan perubahan iklim. Untuk itu, upaya mengatasi permasalahan lingkungan hidup harus dilakukan secara serius dan dimulai dari mengenali permasalahan itu sendiri.

Permasalahan lingkungan di sektor energi dapat dilihat dari berkurangnya produksi minyak bumi di beberapa negara. Pengeboran minyak bumi secara besar-besaran mengancam ketersediaan cadangan minyak untuk masa depan generasi berikutnya.

Akibat Permasalahan Lingkungan

Akibat yang dapat ditimbulkan ialah kenaikan harga produk minyak bumi dan krisis bahan bakar minyak sehingga berdampak langsung terhadap masalah sosial dan ekonomi.

Permasalahan yang tidak kalah penting ialah seputar polusi yang timbul di wilayah perkotaan akibat asap pabrik atau kendaraan bermotor.

Perkembangan industri yang diwakili oleh pertambahan jumlah pabrik diiringi dengan transportasi yang menimbulkan polusi di jalan. Di sisi lain, faktor besar polusi diberikan oleh kendaraan bermotor yang meningkatkan kadar polusi udara di perkotaan.

Perubahan iklim yang semakin ekstrem menyebabkan peningkatan potensi banjir, badai, dan kekeringan yang tidak terelakkan. Selain itu, ketersediaan air bersih semakin berkurang dan kondisi lingkungan semakin tidak higienis. Hal ini akan diikuti pula oleh terbawanya bibit penyakit yang sangat mengganggu kesehatan seperti flu, batuk, penyakit kulit, dan sebagainya.

Melihat permasalahan lingkungan diperlukan adanya langkah tanggap mencegah kerusakan bertambah semakin parah. Perbaikan dapat ditempuh dengan cara meningkatkan kesadaran diri untuk menjaga lingkungan dan melestarikan lingkungan hidup.

Upaya Yang Harus Dilakukan

Secara nyata dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku tidak merusak tanaman, tidak menebang pohon sembarangan, membuang sampah di tempatnya, dan sebagainya.

Pemerintah sesuai kapasitas dan kewenangan dalam membuat peraturan-peraturan yang melindungi lingkungan harus pro aktif. Sanksi-sanksi yang diberikan kepada pelaku yang melanggar sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan harus diterapkan secara tegas dan konsisten. Sejumlah program harus dicanangkan agar masyarakat lebih mencintai lingkungan melalui kegiatan penanaman sejuta pohon hijau.

Upaya mengatasi permasalahan lingkungan tidak dapat dipisahkan dari partisipasi masyarakat luas dalam mengimplementasikan peraturan secara baik. Semua kembali kepada tujuan merawat dan menjaga bumi sebagai tempat tinggal yang layak bagi generasi berikutnya.

Selanjutnya : Peninggalan-peninggalan pada Zaman Prasejarah - Perhiasan Perunggu pada Zaman Batu
Sebelumnya: Mengenal Perpustakaan Atmajaya Yogyakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar