Upaya Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia


Harus diakui apabila peran serta masyarakat Indonesia dalam upaya mengatasi permasalahan lingkungan hidup masih tergolong rendah dibanding dengan negara lain. Banyak di antara kita yang belum mau menyadari jika sumber daya alam yang sudah rusak bisa menimbulkan akibat yang kurang baik dan berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia sendiri.

Contoh yang paling sederhana adalah budaya membuang sampah. Meski sudah ada tempat untuk membuang sampah, namun banyak yang membuang kotoran di sembarang tempat. Yang makin parah lagi, sungai yang seharusnya selalu bersih dari kotoran justru menjadi tempat favorit untuk membuang sampah.
Akibatnya adalah bukan hanya masalah banjir saja yang bisa menjadi bencana. Sampah tersebut juga menjadi sarang penyakit dan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Tapi tetap saja sungai jadi gunungan sampah. Meski sudah ada yang menyadarinya tapi karena tidak punya rasa disiplin yang tinggi, akibatnya tetap saja sungai menjadi kotor.

Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di sungai saja. Di kawasan hutan keadaannya juga tidak jauh berbeda. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah jenis kotoran yang dibuang bukan sampah organik sehingga tidak mudah diurai oleh tanah. Dalam jangka waktu tertentu kotoran yang terusĀ  menumpuk ini membuat tanah menjadi rusak dan tidak subur lagi.

Contoh lain yang membuat hati menjadi miris adalah penangkapan ikan dan pencarian terumbu karang di laut yang tidak menggunakan cara alami. Misalnya menggunakan racun, bom, dan lain sebagainya. Meski bisa mendatangkan hasil yang melimpah tapi sistem seperti ini dalam jangka panjang justru mendatangkan kerugian besar.

Bukan hanya terumbu karang yang rusak atau banyak ikan yang mati dan tidak bisa berkembang biak, tapi biodata lain dan ekosistem di laut menjadi rusak. Jadi jangan heran jika suatu saat nanti ikan tidak mudah didapat dan air laut terlihat tidak indah lagi.

Dua contoh seperti yang telah disebutkan di atas hanya sebagian kecil saja. Masih banyak contoh perusakan serta pencemaran lain yang keadaanya hampir sama. Semua ini dilakukan masyarakat Indonesia sendiri.
Jadi sebenarnya kunci utama dalam upaya mengatasi permasalahan lingkungan hidup adalah kesadaran dan kedisiplinan. Meski telah ada aturan yang mengikat namun jika mereka tidak mau memahami jika kehidupan mereka bergantung pada lingkungan maka kondisinya akan sama saja.

Selanjutnya : Nama Sepatu Khusus Anak Cacat dan Jenis-jenisnya
Sebelumnya: Mengenal Vitamin untuk Mata dan Manfaatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar