Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Pengangguran


Definisi pengangguran adalah kondisi seseorang yang tidak bekerja atau tidak memiliki pekerjaan atau kehilangan pekerjaan padahal ia berada dalam usia kerja atau usia produktif (15-65 tahun). Upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran penting dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan.

Jenis-jenis Pengangguran

Jenis-jenis pengangguran bila ditinjau dari penyebab pengangguran terdiri dari:

1. Pengangguran Teknologikal

Perubahan teknologi menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan karena banyaknya penggantian tenaga kerja manusia dengan tenaga mesin. Hal ini terjadi sejak zaman revolusi industri dan masih berlanjut hingga kini.

2. Pengangguran Musiman

Adalah pengangguran yang sifatnya berkala yang diakibatkan oleh adanya selang antara musim panen dan musim tanam yang menyebabkan perubahan permintaan terhadap tenaga kerja. Hal ini banyak terjadi pada petani penggarap di desa-desa.

3. Pengangguran Siklus/Konjungtur

Terjadi ketika perusahaan-perusahaan harus memberhentikan sebagian tenaga kerja untuk menghemat biaya produksi dikarenakan perusahaan merugi, atau sebab lain yang umumnya dipengaruhi oleh kondisi perekonomian di tingkat makro seperti krisis keuangan, kenaikan harga BBM, dan melemahnya daya beli masyarakat. Indonesia pernah mengalami hal ini sewaktu krisis moneter pada Tahun 1998.

4. Pengangguran Struktural

Terjadi sebagai imbas perkembangan ekonomi dan perubahan struktur. Misalnya orang berpendidikan SD/SMP sulit mendapatkan pekerjaan dibandingkan mereka yang lulusan SMA/Perguruan Tinggi serta adanya persaingan dengan tenaga kerja asing.

Masalah pengangguran di Indonesia merupakan bagian dari siklus masalah lain seperti ledakan jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan penyerapan tenaga kerja, pendidikan rendah, kurangnya keterampilan, kurangnya lapangan pekerjaan, malas, kurang motivasi, ketergantungan diri terhadap orang lain, dan tidak mau berwirausaha.

Upaya mengatasi pengangguran dilakukan pemerintah melalui program Wajib Belajar 9 Tahun, program padat karya, program pelatihan tenaga kerja dan pelatihan kewirausahaan, menggalakkan program transmigrasi, mengintensifkan program Keluarga Berencana (KB), memperbaiki pasar tenaga kerja, memberikan kredit usaha lunak tanpa jaminan melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), serta pemberian jaminan sosial.

Penanganan masalah pengangguran bukan tanggung jawab pemerintah semata tetapi memerlukan partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat dengan menggalakkan program zakat untuk pemberdayaan masyarakat, program kepedulian sosial perusahaan (CSR), dan program bapak angkat (usaha besar membina usaha kecil dan mikro).

Upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran harus terus digalakkan agar perekonomian membaik dan tujuan pembangunan nasional dapat tercapai.

Selanjutnya : Daftar Harga Mobil Baru Diatas 500 Juta
Sebelumnya: Tarif Pajak Di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar