Upaya untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia bagi Masyarakat


Salah satu wujud kesejahteraan dari suatu bangsa adalah tingkat perekonomian yang cukup baik. Karena itu pemerintah harus berusaha menciptakan upaya untuk meningkatkan perekonomian Indonesia bagi masyarakat.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengembangkan suatu sistem ekonomi yang sifatnya kerakyatan namun tetap berdasarkan pada sistem pasar. Sehingga persaingan antarpelaku usaha tetap berjalan secara adil dan sehat tanpa saling merugikan.

Peran pemerintah harus semakin dioptimalkan terutama dalam pada bidang yang berkaitan dengan layanan publik, regulasi, intesif, subsidi, dan lain sebagainya. Semua ini harus dilakukan dengan baik, transparan, serta terbuka.
Bidang ekonomi dan produksi yang orientasinya adalah pasar global atau ekspor juga semakin diperhatikan dan disesuaikan dengan teknologi yang terus mengalami kemajuan. Caranya dapat melalui pemanfaatan secara lebih maksimal pada sektor-sektor yang menjadi unggulan di setiap daerah.

Demikian pula dengan usaha kecil dan menengah serta koperasi maupun kelompok usaha yang lain harus semakin diperdayakan dan diberi pendidikan serta pengetahuan yang bagus. Jadi, pada saatnya nanti mereka bisa lebih mandiri dan mampu menjalankan usahanya dengan sistem yang lebih efisien namun mampu meningkatkan produktifitas yang lebih tinggi.

Hal lain yang juga perlu ditingkatkan yaitu hubungan kerja sama atau kemitraan yang bisa saling menguntungkan. Misalnya kerja sama dengan pihak perbankan, Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, pola anak asuh dan bapak asuh, serta sistem kemitraan yang lain. Dalam urusan ini pihak  pemerintah bisa menjadi fasilitator.

Peningkatan proses pembangunan di bidang infrastruktur dan pemeliharaan berbagai sarana dan prasarana publik juga punya hubungan yang sangat erat dengan peningkatan kesejahteraan dalam bidang ekonomi. Misalnya alat dan sarana transportasi yang baik dan lancar, telekomunikasi, air bersih, listrik, dan sebagainya.

Selain itu sistem kerja terhadap BUMN terutama yang berhubungan dengan kepentingan umum harus selalu diusahakan pada kondisi yang sehat. Apabila kondisinya tidak sehat direstrukturisasi secepatnya sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Usaha maupun upaya untuk meningkatkan perekonomian Indonesia lain yang bisa dilakukan yaitu penempatan tenaga kerja atau pegawai yang sesuai dengan bidang dan ketrampilan masing-masing. Demikian pula dengan perlindungan dan pembelaan terhadap hak-hak mereka harus jadi perhatian tersendiri.

Selanjutnya : Bagaimanakah Cara Berkomunikasi dengan Makhluk Gaib?
Sebelumnya: Charlie Parfum Yogyakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar