Uraian Fungsi Alam Bagi Manusia

Makhluk hidup tak bisa hidup tanpa alam mengingat fungsi alam bagi manusia yang teramat besar. Alam beserta kekayaannya menyediakan beragam kebutuhan bagi kelangsungan hidup manusia, hewan, maupun tumbuhan. Manusia sebagai komponen dari alam bersama komponen lainnya mengelola alam agar dapat diperoleh manfaatnya. Secara garis besar, alam bagi manusia memiliki fungsi pokok sebagai ekosistem sekaligus penyedia sumber daya. Selain itu, manusia sebagai pengelola alam pun harus mampu menjaga kelestarian alam agar tidak rusak dan punah.

Alam Sebagai Ekosistem

Alam sebagai ekosistem menyediakan tempat atau ruang yang diperlukan makhluk hidup untuk tinggal. Ekosistem menjamin makhluk hidup untuk berkembang biak termasuk mencari penghidupan. Ekosistem yang ada di alam dapat dibedakan menjadi ekosistem darat, air laut, air tawar, sungai, dll. Semua komponen ekosistem memerlukan ruang untuk tetap mempertahankan hidup dari kepunahan. Bagi manusia sendiri, ruang ekosistem berguna sebagai ruang mata pencaharian. Mata pencaharian diperoleh dengan memanfaatkan alam seperti membuka lahan pertanian, perikanan, maupun tambang.

Alam Sebagai Penyedia Sumber Daya

Sumber daya alam mencakup semua kekayaan alam yang hidup dan mati. Sumber daya alam dibedakan menjadi dua macam yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Tanah, air, udara, angin, sinar matahari, sumber nabati, dan hewani termasuk ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena tidak akan habis apabila digunakan secara terus-menerus. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui akan habis terpakai dan pembentukannya memerlukan waktu jutaan tahun. Contoh sumber daya alam ini adalah minyak bumi, bahan mineral, logam mulia, dan gas alam.

Nilai sumber daya alam ditentukan oleh manusia sebagai pengelolanya. Manusia mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah. Alam sebagai penyedia sumber daya menyediakan sumber daya materi, hayati, dan energi untuk kelangsungan hidup. Sumber daya materi seperti bahan mineral dapat digunakan untuk bahan kendaraan, alat rumah tangga, dll. Sumber daya alam hayati berupa sumber nabati dan hewani sebagai sumber pangan, obat, serta tenaga. Sumber daya alam energi dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar, kegiatan industri, dan menggerakkan mesin.

Melestarikan Alam

Mengelola alam berarti harus mampu melestarikan alam. Alam harus dijaga agar dapat dimanfaatkan kembali oleh generasi yang akan datang. Bencana alam yang kian terasa sebisa mungkin dihindari agar alam tetap terjaga kelestariannya. Berikut beberapa cara melestarikan alam yaitu:
•    Tidak membuang sampah sembarangan
•    Mencegah penebangan hutan secara liar
•    Mencegah penggunaan bahan peledak saat menangkap ikan
•    Pemanfaatan energi secara efisien
•    Mengurangi polusi udara

Demikianlahbahasansingkattentangfungsialambagimanusia.

Selanjutnya : Fungsi dan Penjelasan Hutan Sekolah
Sebelumnya: Free Senam Aerobik dan Manfaat Senam Aerobik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini