Urutan Langkah Langkah Metode Ilmiah Sesuai Prosedur


Urutan langkah langkah metode ilmiah yang disesuaikan dengan prosedur harus dilaksanakan dengan baik. Dalam melakukan penelitian, sebaiknya harus menggunakan urutan langkah-langkah yang benar sesuai dengan metode ilmiah.

Metode ilmiah digunakan untuk meneliti suatu proyek yang bersifat ilmiah. Penelitian secara ilmiah merupakan penelitian yang dilakukan dengan berbagai macam percobaan dan disesuaikan dengan kenyataan.

Pengertian Metode Ilmiah

Metode ilmiah memiliki pengertian, yaitu merupakan suatu urutan atau prosedur yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu proyek yang berhubungan dengan karya ilmiah.  Melalui metode ilmiah, Anda akan lebih mudah dalam melakukan suatu penelitian.

Langkah-Langkah dalam Metode Ilmiah

Terdapat urutan langkah langkah metode ilmiah yang sesuai dengan prosedur. Langkah-langkah yang sudah dijelaskan harus dilakukan dengan berurutan. Dengan demikian, langkah-langkah yang sudah ada tidak boleh diubah dan sebelumnya Anda sudah menentukan topiknya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa langkah dalam metode ilmiah.

a. Melakukan Observasi Awal

Observasi awal yang dilakukan dalam penelitian ilmiah, yaitu dengan mencari dan  mengumpulkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan untuk melatarbelakangi penelitian yang sedang dibuat. Sumbernya melalui majalah, buku, jurnal, internet, wawancara, dan lain sebagainya.

b. Melakukan Identifikasi Masalah

Dalam melakukan suatu penelitian, tentunya tidak akan lepas dengan topik masalah yang akan diteliti. Permasalahan dalam metode ilmiah harus menarik, jangan terlalu luas dan dapat selesai dengan menggunakan metode eksperimen.

c. Membuat Hipotesis atau Merumuskan Hipotesis

Dalam melakukan penelitian ilmiah harus bisa merumuskan hipotesis. Hipotesis adalah suatu ide atau dugaan sementara dalam menyelesaikan masalah yang diambil. Dalam menarik suatu hipotesis, sebaiknya perlu dilakukan uci coba untuk mengetahui atau membuktikan kebenarannya.  Apabila dalam melakukan uji coba dan ternyata tidak sesuai dengan hipotesis yang sudah dirumuskan, hal ini tidak harus menunjukkan bahwa penelitian yang sudah dilakukan adalah salah dan sia-sia.

d. Melaksanakan Eksperimen atau Percobaan

Jika Anda sudah merumuskan hipotesis, langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang sudah dirumuskan akan diuji dengan menggunakan rancangan eksperimen yang sudah direncanakan terlebih dahulu. Ketika melakukan eksperimen, Anda harus bisa memperhatikan jenis variabel yang terdapat pada penelitian karya ilmiah dengan menggunakan eksperimen, yaitu seperti variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.

e. Menarik Kesimpulan dari Hasil Penelitian yang telah Dilakukan

Jika hasil eksperimen sudah diperoleh, langkah selanjutnya adalah kesimpulan. Kesimpulan  berisi tentang suatu ringkasan isi dari penelitian yang sudah dilakukan.

Demikian informasi yang berkaitan dengan urutan langkah langkah metode ilmiah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda untuk memahami urutan pembuatan karya ilmiah.

Selanjutnya : Beberapa IP DNS Speedy dari Telkom
Sebelumnya: Posisi Hukum Islam Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar