Mengenal Usia Gigi Palsu Bridge dan Jenisnya

Usia gigi palsu bridge adalah salah factor yang harus dipertimbangkan ketika orang akan memakai gigi palsu. Begitu juga bagi mereka yang membutuhkan gigi palsu bukan karena factor usia melainkan karena sebab lain, misalnya kecelakaan yang mengakibatkan orang tersebut kehilangan beberapa giginya. Ada beberapa cara untuk mengganti gigi yang hilang itu yaitu dengan gigi palsu bridge, implant gigi dan gigi tiruan biasa.

Gigi palsu bridge ini secara harfiah artinya menyambungkan kosongnya ruang antar gigi akibat kehilangan satu atau dua gigi. Usia gigi palsu ini biasanya tidak bisa dipastikan karena tergantung pada jenis gigi palsu bridge yang digunakan dan juga tergantung pada cara kita merawat dan memelihara gigi sendiri.

Keuntungan Memakai Gigi Palsu Bridge

Gigi palsu bridge ini umumnya terdiri dari dua crown dan satu gigi palsu. Dua crown gigi ini disebut juga sebagai gigi abutment yang bertugas menahan sambungan gigi palsu. Gigi palsu di antara penahan/crown ini disebut dengan nama gigi pontics. Bridge gigi ini bisa terbuat dari emas, campuran logam, porselen atau kombinasi dari material-material tersebut.

Beberapa keuntungan menggunakan gigi palsu bridge ini adalah sebagai berikut :

  • Mengembalikan senyum kita
  • Mengembalikan kemampuan gigi untuk mengunyah dan bicara
  • Mempertahankan bentuk wajah
  • Mendistribusikan kekuatan gigitan yang digantikan oleh gigi palsu
  • Mencegah sisa gigi yang ada keluar dari posisinya

Jenis Gigi Palsu Bridge

Ada beberapa jenis gigi palsu yang tersedia di dokter dan perlu diingat bahwa usia gigi palsu bridge ini tergantung dari jenisnya.

  1. Bridge tradisional yang terdiri dari satu atau dua crown dan satu gigi palsu pengisi ruang kosong di antara gigi.
  2. Gigi palsu cantilever, digunakan untuk mengisi kekosongan di satu sisi gigi yang hilang saja.
  3. Gigi palsu Maryland, terbuat dari porselen yang ditahan oleh rangka metal. Sayap metal di kedua sisi bridge terhubung pada gigi yang masih utuh.

Meskipun tergantung dari jenis gigi palsu yang digunakannya tetapi secara umum gigi palsu bridge ini bisa bertahan 5 sampai 7 tahun. Dengan perawatan dan pemeliharaan gigi yang baik dan dengan bantuan professional maka usia gigi palsu bridge ini bisa bertahan sampai 10 tahun lamanya. Untuk itu, mari kita rawat gigi dengan baik hingga tak perlu digantikan oleh gigi palsu.

Selanjutnya : Cara Mengedit Foto untuk Lamaran Kerja
Sebelumnya: Ucapan Anniversary Yang Simpel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading