Pengertian dan Macam-Macam Verba dalam Bahasa Indonesia


Pengertian

Verba dalam Bahasa Indonesia dimaknai sebagai kelas kata yang menyatakan suatu pekerjaan, pengalaman, keberadaan ataupun yang dalam pengertian lainnya dalam perspektif yang dinamis. Verba berasal dari bahasa latin Verbum yang artinya ‘kata’. Verba dalam kalimat atau frase berposisi sebagai predikat.

Dalam Bahasa  Indonesia, keberadaan kata terbagi dalam berbagai kelompok yang membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Mengutip pendapat Harimurti Kridalaksana, setidaknya ada sembilan golongan yang berkaitan dengan pembagian kata, yakni verba, nomina, ajektiva, artikula interogativa nominalisasi, adverbial, numerelia, pronominal, dan demonstratif

Verba dalam tataran Bahasa Indonesia merupakan bagian dari ketegori gramatikal. Verba ini mengacu kepada peristiwa dalam kaitannya sebagai bagian dari kategori semantik. Verba dalam bahasa Indonesia memiliki kelas utama yang terdiri dari tiga bagian yakni: keadaan, aksi atau perbuatan serta proses.

Pengelompokan Verba dalam Bahasa Indonesia

Berdasarkan bentuknya, verba terbagi menjadi dua, yakni:

  1. Verba dasar bebas
  2. Verba turunan

Dalam verba turunan ini terbagai menjadi beberapa bagian yakni verba yang berafiks, verba yang berduplikasi, verba yang berproses gabungan serta verba majemuk.

Selain itu, verba juga masih terbagi dalam berbagai subkategori, yakni :

  1. Berdasarkan jumlah nomina yang mendamping,i ada verba intransitif dan verba transitif.
  2. Berdasarkan hubungannya dengan nomina, ada verba aktif, verba pasif, verba antiaktif serta verba antipasif.
  3. Berdasarkan hubungan di antara nomina pendamping, ada verba resiprokal dan verba nonresiprokal.
  4. Berdasarkan acuan argumennya ada verba refleksif dan verba nonrefleksif.
  5. Berdasarkan hubungan di antara argumennya, yakni ada verba kopulatif dan verba ekuatif .
  6. Berdasarkan pada hasil akhirnya, ada yang berupa verba telis, verba atelis, verba performatif serta verba konstatatif.

Perpindahan Kategori

Selain berasal dari bentuk dasarnya, ada juga verba yang dibentuk dari kategori lain, yakni verba denominal, verba adjectival serta verba deadverbial.

Demikian pembahasan singkat yang menerangkan tentang verba dalam bahasa Indonesia. Dengan mempelajari bahasan ini meski secara sekilas, semoga bisa menambah pengetahuan dan memperbaiki  kesalahan dalam berbahasa. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selanjutnya : Memahami Sistematika Makalah dan Contohnya
Sebelumnya: Resep Daging Babi Panggang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar