Video Gunung Merapi Meletus 5 November 2010

Pada 5 November 2010 lalu, Indonesia digegerkan dengan terjadinya letusan Gunung Merapi. Video Gunung Merapi meletus 5 November 2010 ini banyak ditayangkan di media televisi. Di dalam video tersebut masyarakat dapat melihat betapa ganasnya letusan Gunung Merapi. Tidak hanya video detik-detik letusan yang santer diperlihatkan, setelah letusan pun banyak ditayangkan di televisi.

Dalam video tersebut juga dapat terlihat pepohonan, rumah-rumah warga, fasilitas umum, dan sebagainya mengalami kerusakan berat akibat letusan ini.  Tak hanya itu, seluruh wilayah ditutupi debu vulkanik dari letusan Merapi. Korban jiwa yang berjatuhan tak lagi dapat dihindari. Banyak warga yang memilih untuk bertahan di rumahnya sehingga berujung pada kematian.  Salah satunya adalah Mbah Marijan, seorang kuncen yang disebut-sebut sebagai penjaga dari Gunung Merapi.

Banyak juga yang mengatakan bahwa dari letusan Gunung Merapi tersebut muncul sebuah awan yang menyerupai pocong.  Memang, dalam video terlihat letusan menimbulkan awan debu vulkanik yang membumbung tinggi ke atas langit. Bentuk awan debu yang terlihat tergantung dari imajinasi masing-masing orang. Seperti halnya ketika melihat awan, kita bisa mengimajinasikan awan tersebut menyerupai sesuatu. Orang lain yang juga melihatnya akan mengimajinasikan menjadi sesuatu yang berbeda.

Selain di internet, video detik-detik letusan Gunung Merapi ini bisa dilihat di Museum Gunung Merapi. Ya, kini terdapat sebuah museum yaitu Museum Gunung Merapi yang terletak di Muntilan, Jawa Tengah. Sekitar 40 Km ke arah utara dari Yogyakarta. Dalam museum ini, selain dapat menyaksikan video letusan Gunung Merapi, Anda juga dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dari dekat dengan menggunakan teropong.  Tentu saja Anda harus membayar tiket dulu untuk menggunakan teropong ini.

Video Gunung Merapi meletus 5 November 2010 ini memang membuat kita sebagai manusia biasa menyadari kekuasaan Tuhan yang Maha Kuasa. Dialah yang memiliki kehendak atas apa yang terjadi di bumi. Semoga kejadian-kejadian alam seperti ini semakin menambah keimanan kita dan membuat kita introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selanjutnya : Cara Mengucapkan Happy Anniversary yang Romantis
Sebelumnya: Konsep Alkulturasi Budaya dan Contohnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...