Tahapan Persalinan dalam Video Proses Bersalin Secara Normal


Video proses bersalin secara normal dapat kita jadikan referensi untuk mengetahui proses bersalin secara normal. Proses kelahiran bayi yang berjalan normal dibagi dalam tiga tahap. Mungkin bermanfaat bagi Anda untuk tahu proses tersebut, supaya dapat menyikapinya dengan baik. 

Langkah Pertama – Pembukaan

Langkah ini yang sangatlah lama, diawali dari kontraksi hingga saluran rahim terbuka penuh oleh kepala bayi. Pada persalinan pertama, prosesnya dapat mencapai lebih dari 18 jam. Kontraksi yang lemah, tetapi teratur, diawali dari sisi atas rahim ke bawah hingga vagina. Umumnya dimulai dengan nyeri di bagian punggung. Kemudian, terus menjalar jadi seperti kram di perut bawah.

Perlahan, kontraksi makin sering dan kencang untuk mengeluarkan atau mendesak kepala bayi ke mulut rahim. Tiap-tiap kontraksi berjalan 30 hingga 60 detik. Jarak antara kontraksi yaitu 10-20 menit. Rasa sakit menghilang setiap rahim mengendor. Mulut rahim jadi lunak, tidak tebal, serta melebar hingga meringankan bayi keluar dari rahim.

Langkah Kedua – Mengedan

Langkah dari pembukaan penuh hingga bayi lahir. Dalam langkah ini, bayi lahir melewati mulut rahim ke vagina, lantas dikeluarkan. Langkah ini umumnya berjalan kurang dari satu jam untuk persalinan pertama. Pada persalinan ke-2, hanya sekitar 20 menit. Ibu dapat merasakan hasrat untuk mengedan (menghimpit otot perut) serta merasakan sensasi seperti orang yang ingin buang air besar.

Makin lama, dorongan mengedan itu dapat makin kuat serta kerap kali. Bayi kemudian dapat keluar melewati mulut rahim. Pada posisi normal, di mana kepala keluar terlebih dulu, kepala bayi berperan sebagai pembuka jalur. Karena bayi bisa bernapas, apalagi sebelum semua badan keluar dari rahim.

Langkah Ketiga – Plasenta

Pada langkah ini, plasenta (Jawa = ari-ari) dapat lepas dari dinding rahim. Prosesnya, umumnya berlangsung 15-20 menit setelah kelahiran. Kemudian, kontraksi rahim yang keras akan terus berlanjut sesudah kelahiran bayi serta dapat menghimpit pembuluh darah, mengurangi perdarahan, serta mengakibatkan plasenta terlepas dari dinding rahim.

Tahap tersebut diambil dari video proses bersalin secara normal yang kemudian ditulis dalam artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Video Serigala Kawin
Sebelumnya: Kesenian Simbol Khas Banten
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar