Beragam Manfaat Vitamin dari Buah

\Vitamin dari buah sangat berguna bagi kesehatan. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan segar yang belum banyak mengalami proses yang mengubah kandungan vitamin atau malah ditambahi dengan bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa buah yang kaya vitamin.

Anggur

Walaupun kandungan vitamin C pada anggur ini rendah, namun kandungan gizi lain dari buah ini bermanfaat sebagai antibakteri, antikanker, antioksidan dan baik bagi kesehatan jantung. Ini berkat kandungan phytochemical yang disebut resveratol pada kulit anggur, selain itu anggur juga memiliki kandungan serat.

Apel

Apel juga mengandung vitamin C, walaupun tidak sekaya jeruk. Apel memiliki kandungan pectin yang tinggi. Kandungan gizi lain yang terdapat pada apel adalah flavonol yang bernama quercetin yang bermanfaat sebagai antikanker dan anti radang. Buah ini bermanfaat untuk penyakit arthitis, menurunkan risiko kanker paru-paru, menyembuhkan sembelit dan menghentikan diare.

Jeruk

Jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan folate, selain itu juga memliki kandungan pectin dan phytochemical yang disebut hesperidin. Pectin dapat bermanfaat sebagai penurun tekanan darah, sedangkan hesperidin bermanfaat sebagai antioksidan. Kandungan serat pada jeruk cukup rendah.

Kiwi

Buah yang banyak terdapat di Selandia Baru, Perancis, Italia dan Brazil ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup. Selain itu, Kiwi juga mengandung pigmen chlorophyll yang menyebabkan warna hijau pada buah tersebut. Kiwi dapat diproses untuk menghasilkan senyawa yang dapat mengikat kanker.

Mangga

Mangga kaya akan kandungan vitamin C, carotenoid yang disebut beta crytoxanthin dan serat. Beta crytoxanthin ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah kanker yang mencakup kanker usus dan kanker tulang tengkuk.

Melon

Melon memiliki kandungan carotenoid dan vitamin C. Carotenoid memiliki kemampuan untuk melindungi sel tubuh terhadap radikal bebas. Di dalam tubuh carotenoid ini dapat diubah menjadi vitamin A. Vitamin A baik untuk kesehatan kulit dan mata serta menjaga sistem kekebalan.

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, melon juga banyak mengandung gula dan lycopene. Lycopene ini bermanfaat sebagai antikanker. Buah ini banyak terdapat pada wilayah dengan iklim sub tropis.

Nanas

Nanas kaya akan kandungan vitamin C, gula dan serat. Selain itu pada nanas juga terdapat enzim bromelain yang dapat menguraikan protein. Buah ini berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sinusitis, mengatasi infeksi saluran kencing dan menguraikan pembekuan darah.

Pisang

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan potasium. Vitamin B6 bermanfaat untuk memproduksi serotonin dalam otak yang dapat berfungsi untuk mengurangi ketegangan dan rasa sakit sehingga dapat membuat rileks, serta menekan nafsu makan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dari buah. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Seputar Pengertian dan Sejarah Web
Sebelumnya: Inilah Ciri-ciri Komunikasi yang Efektif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar