Wacana Tentang Etika Kehidupan Sehari-hari


Bagaimanakah wacana tentang etika kehidupan? Sebelum membahas lebih jauh seputar etika kehidupan, alangkah baiknya mengetahui dulu pengertian etika.
Etika merupakan salah satu ilmu yang berkaitan dengan cara bergaul atau berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, peran etika dalam kehidupan sangatlah besar.

Kondisi lingkungan menjadi faktor utama yang mempengaruhi etika seseorang. Misalnya, seseorang yang hidup di lingkungan yang baik, etikanya juga baik. Namun sebaliknya, seseorang yang hidup di lingkungan buruk, etikanya juga buruk.

Meskipun begitu, kondisi lingkungan tidak menjadi masalah yang besar, jika Anda bisa membentengi diri dengan baik. Sebagai manusia dewasa, Anda sudah bisa membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk. Dengan demikian, Anda bisa bersikap baik sesuai dengan etika yang ada.

Jenis Etika

Perlu diketahui, etika dibagi menjadi dua, yaitu etika deskriptif dan etika normatif. Adapun penjelasan lebih jauh seputar jenis-jenis etika adalah sebagai berikut.

1.    Etika Deskriptif
Etika deskriptif merupakan tata cara pergaulan yang didasarkan pada fakta (kenyataan). Pembahasannya seputar pola dan nilai perilaku manusia yang berkaitan dengan realitas. Realitas tersebut ada di dalam lingkungan masyarakat. Dengan demikian, etika ini bertujuan untuk membuat seseorang lebih peka terhadap lingkungannya.

2.    Etika Normatif
Etika normatif merupakan etika yang memberikan gambaran kepada manusia dalam bertindak. Bertindak yang sesuai dengan norma dan nilai. Aturan itulah yang menuntun manusia untuk menjalani hari dengan teratur.

Penerapan Etika

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, etika adalam cara bergaul seseorang terhadap lingkungannya. Lalu, bagaimana penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari? Adapun bentuk penerapan etika yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1.    Etika Berpakaian
Cara berpakaian sangat mencerminkan kepribadian seseorang. Misalnya, cara berpakaian di kantor. Usahakan pakaian yang digunakan sopan. Jangan sampai pakaian terlalu ketat atau seksi. Selain tidak enak dilihat, pakaian ketat tentu akan membatasi ruang gerak Anda saat beraktivitas. Untuk itu, gunakan pakaian yang tertutup.

2.    Etika Berkomunikasi
Sikap ramah tamah tentu harus Anda tunjukkan kepada atasan. Namun, Anda perlu menyadari ada rekan kerja di sekitar Anda. Rekan kerja yang membantu Anda menyelesaikan beragam pekerjaan kantor. Untuk itu, tak ada salahnya untuk menebarkan senyum dan sapa kepada rekan kerja Anda.

Demikianlah wacana tentang etika kehidupan. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Wilayah Penyebaran Ajaran Agama Islam oleh Walisongo
Sebelumnya: Urus: Jenis Lamborghini Termurah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar