Mencermati Waktu Pelaksanaan Shalat Hajat

Ketika ditimpa masalah besar atau musibah, tentu siapapun akan menjadi galau dan bimbang. Pertolongan dibutuhkan segera untuk memulihkan keadaan yang kacau balau. Di saat saat seperti ini lah orang Islam menjalankan shalat hajat untuk memohon pertolongan dari Allah SAW. Kapan waktu pelaksanaan shalat hajat yang terbaik?

Tata Cara Shalat Hajat

Ada beberapa prasyarat yang harus dilakukan untuk menjalankan shalat sunnat ini. Yang pertama adalah niat yang kuat dan tulus. Apabila permohonan kita dilandasi niat untuk sesuatu yang baik dan bukan yang jahat, tentu Allah akan mendengarkan doa kita. Kadang shalat hajat juga dilakukan ketika seseorang sedang bimbang dan butuh petunjuk untuk menentukan langkah selanjutnya. Syarat kedua adalah rakaat yang diperlukan untuk menjalankan shalat hajat, yaitu antara 2 hingga 12 rakaat.

Setelah shalat hajat selesai, sebaiknya Anda membaca dzikir mulai dari Sholawat, Istigfar, Tasbih, Hamdalah, Allahuakbar, Kalimat Tauhid, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat Al-Annas, Ayat Kursi, Hauqolah, dan Hasbunallaahu wani ‘mal wakil ni ‘mal maula wanikman nasir. Bacaan bacaan tersebut harus dilakukan dalam jumlah jumlah tertentu.

Sementata itu untuk pelaksanaan shalat ini pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja, baik siang hari maupun malam hari. Dengan catatan, sama juga seperti shalat yang lain, tidak dilakukan di saat saat tertentu yang dilarang oleh Islam. Meski demikian, banyak yang mengatakan waktu yang paling bagus untuk menjalankan ritual shalat hajat adalah pada waktu di antara jam 1 pagi hingga sesaat sebelum subuh. Dengan niat yang kuat pada jam yang sama, sebaiknya shalat ini dijalankan selama 7 hari berurutan.

Urgensi Salat Hajat

Ada banyak manfaat dan keajaiban dari shalat hajat yang bisa kita temukan di dalam Hadits. Ada hadits yang menceritakan bagaimana seorang lelaki buta bisa melihat lagi setelah Nabi Muhammad SAW bersabda kepadanya untuk melakukan shalat hajat. Ada pula yang menceritakan seekor keledai mati bisa hidup kembali ketika pemiliknya melaksanakan shalat hajat.

Bagi umat muslim shalat hajat ini seperti sebuah kelegaan di tengah himpitan beban hidup, atau seperti oase segar di tengah padang pasir tandus. Oleh karena itu, apabila kita mengalami masalah berat, tidak perlu khawatir karena dengan niat yang kuat dan tentunya memperhatikan waktu pelaksanaan shalat hajat yang benar, insyaallah doa kita dikabulkan.

Selanjutnya : Siapakah Penyanyi Malaysia Terkenal di Indonesia ?
Sebelumnya: Film Era 70-an Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini