Kapan Waktu yang Baik untuk Sholat Hajat?


Kapan waktu yang baik untuk sholat hajat? Setiap orang pasti mempunyai impian. Impian tersebut tidak akan bisa terwujud tanpa adanya usaha. Untuk itu, teruslah semangat untuk meraih impian. Namun, Anda juga harus menyadari bahwa segala sesuatu yang dilakukan tidak akan berjalan lancar tanpa doa. Oleh karena itu, selalu selipkan doa di setiap usaha yang Anda jalani.

Usahakan, setiap selesai sholat wajib lima waktu, berdoalah kepada-Nya atas semua impian yang Anda inginkan. Akan lebih bagus lagi, bila melaksanakan sholat sunnah hajat. Lalu, apa yang dimaksud dengan sholat hajat?

Sholat Hajat

Sholat hajat merupakan salah satu jenis sholat sunnah. Sholat sunnah ini dikerjakan atas dasar mengharapkan Allah mengabulkan doa dan mewujudkan impian itu.

Pada dasarnya, pelaksanaan sholat hajat tidak ditentukan. Kapan saja dan di mana saja, Anda bisa melaksanakan ibadah sunnah tersebut. Namun, sholat sunnah ini tidak boleh dilakukan di waktu setelah sholat Subuh dan Ashar.

Bagi sebagian ulama, waktu yang baik untuk sholat hajat adalah di malam hari. Hal ini dikarenakan, agar dalam menjalankan ibadah lebih khusyu, tidak terganggu oleh aktivitas lain. Dalam pelaksanaannya, sholat sunnah di malam hari paling sedikit 2 rakaat. Akan tetapi, jika dikerjakan pada siang atau sore hari, paling sedikit empat rakaat dengan satu kali salam.

Jumlah rakaat sholat hajat maksimal adalah 12 rakaat. Banyaknya rakaat dalam sholat hajat bergantung pada hajat itu sendiri. Apabila hajat yang dimaksud adalah hal kecil, dua rakaat rasanya sudah cukup. Sementara itu, jika hajat yang dimaksud untuk hal besar, sebaiknya perbanyaklah rakaatnya.

Apabila telah selesai melaksanakan sholat hajat jangan lupa untuk berdoa. Ingat, tujuan utama melaksanakan sholat hajat adalah berdoa kepada Allah untuk mengabulkan keinginan Anda.

Dalam suatu hadis dikatakan bahwa setelah selesai melaksanakan sholat hajat dianjurkan membaca istigfar sebanyak 100 kali. Adapun bacaan istigfar yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Demikianlah artikel seputar waktu yang baik untuk sholat hajat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bentuk dan Fungsi Surat Pengantar Barang
Sebelumnya: Tanda Bayi Terkena Paru-Paru Basah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar