Warna Lambang Pramuka


Memahami warna lambang Pramuka adalah kewajiban bagi para anggota Praja Muda Karana. Pemahaman akan lambang sebuah organisasi membantu anggotanya untuk mewujudkan visi dan misi komunitas dan organisasi yang digelutinya.

Sejarah Gerakan Pramuka di Indonesia bermula dari pidato Presiden RI di Istana Negara di hadapan para pimpinan dan tokoh gerakan kepanduan di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961. Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 pada tanggal 20 Mei 1961 adalah landasan hukum bagi organisasi Pramuka Indonesia.

Dengan adanya landasan hukum bagi Pramuka yang mengesahkan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, maka organisasi-organisasi kepanduan yang ada di Indonesia meleburkan diri ke dalam gerakan Pramuka dan membacakan ikrar pada 30 Juli 1961 yang disebut Hari Ikrar Gerakan Pramuka.

Defile Pramuka yang memperkenalkan panji-panji Pramuka diikuti pelantikan Mapinas, Kwarnas, dan Kwarnari dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 1961 dan tanggal berlangsungnya momen bersejarah ini ditetapkan sebagai Hari Pramuka.

Logo Pramuka adalah siluet tunas kelapa yang berada dalam lingkaran yang terbentuk dari padi dan kapas. Di bagian padi dan kapas terdapat lima bintang kecil. Dasar warnanya coklat tua dengan tulisan Pramuka berwarna kuning. Lambang Pramuka ini diciptakan oleh Soenardjo Atmodipoerwo, seorang tokoh Pramuka dari Departemen Pertanian, diperkenalkan sejak 14 Agustus 1961 dan disahkan melalui SK Kwartir Nasional No. 6/KN/72 Tahun 1972, serta mendapat Hak Paten dari Ditjen Hukum dan Perundangan-undangan Departeman Kehakiman melalui Keputusan Nomor 176634 tanggal 22 Oktober 1983 tentang penggunaan Simbol Padi dan Kapas.

Arti simbol pramuka berupa tunas kelapa mengandung kiasan bahwa Pramuka merupakan cikal bakal, penduduk asli Indonesia, dan merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa.

Kelapa dikenal sebagai buah yang bertahan hidup dalam keadaan bagaimana pun sulitnya, diperkuat dengan warna hitam sebagai siluetnya yang mengandung arti kuat, kukuh, tatag yang melambangkan Pramuka sebagai sosok ulet dan tak mudah menyerah.

Warna kuning pada padi dan kapas yang melingkari tunas kelapa melambangkan anggota Pramuka sebagai sosok dinamis, cakap, terampil, dan riang gembira sekaligus melambangkan kemakmuran bangsa. Diharapkan dengan memahami warna lambang Pramuka, setiap anggotanya akan lebih termotivasi dalam berkarya demi kemajuan bangsa dan negara.

Selanjutnya : Prediksi HP Masa Depan
Sebelumnya: Kebangkitan China Di Bidang Ekonomi Memiliki Pengaruh yang Besar Di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar