Wayang Kulit – Contoh Keberagaman Budaya Di Jawa Tengah


Indonesia kaya akan budaya. Lagu yang berjudul ‘Dari Sabang Sampai Merauke’ merupakan bukti luas dan kayanya kepulauan dan budaya nusantara (Indonesia). Salah satu pusat kebudayaan yang tertua di Indonesia adalah Pulau Jawa. Selain sebagai cikal bakal penyebaran agama Islam, Pulau Jawa pun kaya akan budaya beragam rupa.

Penemuan fosil dan bukti peninggalan sejarah di museum dan berbagai situs purbakala, merupakan bukti hal tersebut. Begitu pula tradisi dan seni rakyat, turut menyemarakkan khazanah budaya nusantara. Adalah wayang kulit, kiranya bisa kita jadikan contoh dari keberagaman budaya di Jawa Tengah yang masih lestari hingga saat ini.

Wayang Kulit

Kesenian wayang kulit merupakan kesenian asli Jawa Tengah yang menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, dunia pun telah mengenal wayang kulit. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) telah mengakui bahwa wayang kulit telah menjadi warisan budaya dan terkenal di dunia.

Alunan gamelan dan tembang Jawa semakin menambah indahnya penampilan wayang kulit dikancah kesenian. Tidak hanya wayang kulit yang ada di Jawa Tengah, namun terdapat pula wayang orang, wayang golek, ketoprak, dan tarian Jawa.

Di Jawa Tengah, tepatnya di Kota Solo masih terdapat kerajaan yang eksis berdiri. Kerajaan tersebut diberi nama Kasunanan Solo. Keramahan orang-orangnya dan tutur bahasa Jawa khas menambah kentalnya kebudayaan Jawa yang elok.

Upaya Pemerintah

Upaya pemerintah dalam melestarikan budaya nusantara, seperti budaya Jawa Tengah adalah dengan membuat anjungan daerah di Taman Mini Indonesia Indah. Kawasan wisata yang berdiri atas prakarsa Ibu Tien Soeharto ini, mampu merefleksikan keberagaman budaya dan tradisi masyarakat Jawa Tengah. Nah, di sini pun kita bisa dengan mudah melihat dari dekat keelokan wayang kulit. Beragam rupa dan bentuk wayang kulit terpajang rapi.

Selain kesenian (wayang kulit) dan bangunan yang ada, tentu saja kita pun harus melestarikan akhlak dan budi pekerti bangsa Indoneasia. Bangsa yang sejak dahulu kala terkenal ramah dan sopan.

Infiltrasi (masuknya) berbagai budaya dari luar nusantara, semoga tidak mengubah rasa cinta kita pada tanah air (nasionalisme). Dan, melalui upaya melestarikan keberadaan wayang kulit, dapat menjadi bukti cinta kita akan keberagaman budaya di Jawa Tengah.

Selanjutnya : Sebab Munculnya Kasus Berita Hangat Korupsi Daerah
Sebelumnya: Contoh Latar Belakang Masalah Pada Makalah Sumber Energi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar