Tokoh-tokoh Wayang Pandawa Lima


Wayang Pandawa

Seperti apa wayang Pandawa? Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata Pandawa Lima? Kisah Mahabratakah? Atau perang Bharatayudha? Jika itu yang Anda pikirkan, maka semuanya memang berhubungan dengan kata pandawa lima.

Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa disebut pandawa lima? Siapa sajakah mereka? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak uraian berikut ini.

Pandawa artinya putera Pandu. Pandawa Lima merupakan sebutan tokoh wayang untuk Yudhistrira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa yang merupakan putra Prabu Hastinapura yang bernama Pandhu Dewanata dengan permaisurinya yang bernama Dewi Kunti.

Tokoh-tokoh Pandawa Lima merupakan tokoh-tokoh protagonis yang senantiasa berjuang melawan kejahatan yang disebarkan oleh Druyodana putera Raja Destrastra.

Berikut ini, adalah tokoh-tokoh wayang yang termasuk ke dalam Pandawa Lima:

Yudhistira

Yudhistira merupakan putra sulung Prabu Pandhu Dewanata dengan Dewi Kunti. Yudhistira disebut juga Puntadewa dan merupakan titisan dari Dewa Yama.

Yudhistira digambarkan memiliki sifat yang halus, bijaksana, pemaaf, sabar, sangat percaya diri, dan selalu menepati janji.

Bima

Bima merupakan putra kedua Prabu Pandhu Dewanata dengan Dewi Kunti. Bima disebut juga Wekurdana,Sena atau Bayusutha karena dianggap sebagai titisan Dewa Bayu.

Bima digambarkan memiliki tubuh setinggi raksasa, dengan wajah yang seram, namun memiliki hati yang sangat lembut. Selain itu, Bima dikenal pula sebagai tokoh yang sangat sakti, gagah perkasa, dan jujur. Bima sangat terkenal dengan senjatanya yang berupa Kuku Pancasona dan gada Rujakpala.

Arjuna

Arjuna merupakan putra bungsu Prabu Pandhu Dewanata dengan Dewi Kunti. Arjuna disebut juga Permadi atau Janaka. Arjuna dianggap sebagai titisan Dewa Indra atau dewa perang.

Ketampanan Arjuna merupakan hal yang paling membuatnya dikenal. Selain itu Arjuna dikenal sebagai tokoh yang sangat sakti dalam memanah, lemah lembut budi pekertinya, sangat cerdas, dan penyayang.

Nakula 

Nakula merupakan putra Prabu Dewanata dari istri selirnya yang bernama Dewi Madrim. Nakula terlahir kembar bersama Sadewa.

Nakula disebut juga Pinten dan dianggap sebagai titisan Dewa Aswin atau Dewa Pengobatan. Konon, ketampanan Nakula melebihi ketampanan kakaknya Arjuna. Nakula digambarkan mempunyai sifat yang santun dan sangat pandai menjaga rahasia.

Sadewa

Sadewa merupakan adik kembar Nakula. Sadewa disebut juga Tangsen. Sadewa memiliki sifat yang hampir sama dengan Nakula.

Seandainya, para tokoh wayang Pandawa Lima itu nyata, yang manakah yang akan menjadi idola Anda?

Selanjutnya : Nama Ilmiah Kunyit Putih Serta Berbagai Khasiat Yang Terkandung
Sebelumnya: Tiga Nama Gurun Terbesar di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar