Wilayah Greenland yang Dingin


Jika Anda mengira wilayah Greenland itu berwarna hijau karena permukaan buminya yang dipenuhi oleh pepohonan hijau, maka bersiaplah untuk kecewa. Karena wilayah di Greenland disini bukanlah seperti wilayah di Greenland yang ada di Indonesia.

Greenland atau Tanah Hijau terletak di Amerika Utara. Penduduk asli Greenland disebut orang Inuit atau orang Eskimo. Di negara ini juga bermukim orang Denmark dan blasteran orang Inuit dan Denmark yang disebut juga orang Tanah Hijau.

Penduduk Greenland berjumlah sekitar 58.000 jiwa. Mereka terdiri atas 80% orang Tanah Hijau dan 14,5% orang Denmark. Sisanya terdiri dari berbagai suku bangsa lainnya. Bahasa yang umum digunakan di Tanah Hijau ialah bahasa Inuit. Bahasa ini juga merupakan bahasa resmi di Greenland selain bahasa Denmark. Penduduk Greenland pada umumnya adalah pemeluk agama Kristen Protestan aliran Luther. Agama yang juga banyak dianut oleh warga Denmark.

Letak Geografis

Secara geografis, Greenland merupakan bagian dari wilayah Amerika Utara. Delapan puluh persen dari seluruh wilayah ini tertutup oleh es. Di beberapa tempat di wilayah ini ketebalan esnya bisa mencapai tiga kilometer. Hanya wilayah pesisir selatan dan barat saja yang bisa didiami oleh manusia.

Perekonomian

Hasil perekonomian negeri ini didapat dari hasil produksi laut, dari peternakan domba, serta hasil pertambangan. Produk-produk yang dihasilkan dari sektor pertambangan di Tanah hijau antara lain adalah kreolit, tembaga, kwarts, seng serta besi.

Greenland atau Tanah hijau memiliki nama resmi Kalaallit Nunaat. Sedangkan dalam bahasa Denmark Greenland disebut juga Grønland. Wilayah ini merupakan sebuah pulau yang terletak di Samudra Atlantik bagian utara yaitu di arah timur Laut Kanada. Luas wilayah Greenland ialah 2.166.086 km². Greenland merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau Greenland ini termasuk ke dalam wilayah Kerajaan Denmark. Ibukota Tanah Hijau disebut Nuuk.

Awalnya Greenland tergabung dengan Uni Eropa tapi setelah itu dia memisahkan diri dari Uni Eropa pada tahun 1985. Greenland sekarang sudah menjadi wilayah yang mandiri namun kepala pemerintahannya tetap Ratu Denmark. Sekian paparan tetntang wilayah di Greenland yang terkenal dengan wilayahnya yang tertutup es.

Selanjutnya : Pantun Tentang Sahabat Dan Cinta
Sebelumnya: Kuliner Khas Sunda Daerah Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar