Wilayah Kekuasaan Bisnis Negara Singapura


Singapura adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki kekuatan bisnis yang besar. Wilayah kekuasaan bisnis negara Singapura meliputi 63 pulau Singapura, dengan daratan utama pulau Singapuran atau Pulau Ujong, karena letaknya di ujung daratan. Singapura dalam perkembangan sarana dan prasarananya menunjukkan jika Singapura adalah negara yang tepat untuk melakukan bisnis.

Apalagi dengan adanya dua jembatan yang dibuat sebagai sarana transportasi menuju Johor, Malaysia, yaitu Johor – Singapore Causeway di utara, serta Jembatan Tuas Second Link di barat.

Perkembangan Bisnis Di Singapura

Perkembangan bisnis di Singapura juga ditopang karena adanya reklamasi tanah  yang diperoleh dari bukit serta dasar laut. Reklamasi tanah ini menghasilkan perluasan wilayah negara Singapura dari 581,5 km2 pada tahun 1960-an menjadi 704 km2 pada masa sekarang.

Dan menurut perencanaan akan diperluas lagi hingga 100 km2 pada tahun 2030. Reklamasi ini juga terkadang mengharuskan adanya penggabungan pulau-pulau kecil menjadi pulau besar, salah satu contohnya adalah Pulau Jurong.

Secara historis, Singapura ini memiliki basis pasar pada perdagangan laut. Singapura menjadi empat macan Asia bersama Korea Selatan, Taiwan, dan Hongkong. Singapura juga menjadi pusat perdagangan mata uang asing setelah tiga negara lain yaitu London-Inggris, New York-Amerika Serikat, dan Tokyo-Jepang.

Singapura memiliki GDP perkapita sebesar US$ 29,474 di tahun 2006. Kekuatan ekonomi Singapura juga bisa dilihat dari kecilnya tingkat pengangguran Singapura selama satu dekade terakhir, yaitu hanya sebesar 1,7 % per September 2007. Di empat bulan pertama tahun 2007, ada 171.500 pekerjaan baru yang diciptakan.

Singapura tak hanya memikirkan peningkatan ekonomi semata, tetapi juga memikirkan regulasi hukum ketenagakerjaan yang kuat dan stabil. Hubungan tiga lini antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja juga sangat kokoh, sehingga jarang terjadi pemogokan pekerja di Singapura.

Kementerian Tenaga Kerja Singapura juga selalu berusaha untuk memperbaiki pengelolaan di bidang ketenagakerjaan, baik itu kesehatan dan keselamatan kerja, serikat pekerja, hak-hak pekerja asing, serta pemrograman latihan kerja. Keseriusan pemerintah Singapura menjadikan wilayah kekuasaan bisnis negara Singapura kini sudah mulai merambah ke negara tetangga bahkan hingga benua lain.

Lingkungan bisnis seperti ini harusnya dicontoh oleh Indonesia, agar Indonesia yang kaya tidak hanya dieksploitasi oleh negara asing, tetapi harus dikelola oleh anak negeri untuk kemajuan bangsa Indonesia. (*)

Selanjutnya : Cara Agar Tidak Terjadi Banjir
Sebelumnya: Membuat Kumpulan Cerita Beserta Gambar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar