Wiraswasta di Rumah, Mengapa Tidak?


Wiraswasta di rumah dapat dipilih untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau malah menjadi mata pencaharian utama. Era modern dan keadaan ekonomi yang kurang kondusif di tanah air ini membuat penghasilan atau gaji dari kantor terasa kurang atau mepet. Hal ini membuat banyak orang terdorong untuk mencari penghasilan tambahan dan solusi yang paling banyak dilirik adalah berwirausaha di rumah.

Mengapa solusi ini dipilih? Solusi ini dipilih karena lokasi usaha berada di rumah sendiri, sehingga tidak memerlukan transportasi. Selain itu, usaha di rumah ini juga mudah dipantau dan dikendalikan. Jika kita sibuk dengan pekerjaan kantor, maka kita dapat merekrut karyawan atau malah menyerahkan pada istri untuk mengurusi usaha tersebut.

Hal yang membuat beberapa orang bingung adalah, usaha apa yang tepat untuk kita mulai di rumah? Pertanyaan ini terlihat sepele, tapi sebenarnya sama sekali tidak sepele karena diperlukan kepekaan dan insting bisnis untuk menentukan usaha yang cocok.

Warung Kelontong

Warung atau toko kelontong adalah wiraswasta yang paling banyak dipilih orang untuk mencari tambahan penghasilan. Usaha toko kelontong ini terbilang cukup mudah dan tidak diperlukan keahlian khusus untuk memulainya.

Apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha toko kelontong ini? Sebuah ruangan yang berada di depan rumah atau jika memiliki dana lebih dapat membangun kios mini di halaman rumah untuk menampung barang dagangan. Bagian depan rumah ini dipilih karena mudah diakses oleh pembeli dan depan rumah biasanya lebih ramai karena dekat dengan jalan.

Berapa dana yang diperlukan untuk memulai usaha ini? Dana yang diperlukan untuk membangun usaha ini tak terlalu besar. Jika sudah memiliki kios atau tempat, hanya membutuhkan sekitar 8-10 juta tergantung barang dagangan apa saja yang akan dijual.

Usaha toko kelontong ini terbilang mudah dan tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran. Namun jika di dekat rumah Anda telah ada toko kelontong atau mini market, lebih baik usaha yang lain saja.

Warung Makan

Usaha warung makan ini juga dapat dipertimbangkan, terlebih jika memiliki tenaga atau karyawan yang pintar memasak. Usaha warung makan di rumah ini memiliki kelebihan pada modal yang tak terlalu besar untuk memulai usaha ini. Hanya saja diperlukan keahlian memasak yang mumpuni sebagai salah satu kekuatan dari usaha rumah makan ini. Jika tertarik untuk membuka usaha ini, siapkan pula ruangan atau kios mini untuk tempat makan pengunjung lengkap dengan peralatan yang diperlukan.

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai wiraswasta di rumah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Keunikan Puisi Kopassus tentang Keberanian dan Pengabdian
Sebelumnya: Yel-yel Lagu Dangdut untuk Acara Kuis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar