Apa yang Dikerjakan di Bidang Administrasi?

Apa yang dikerjakan di bidang administrasi? Pertanyaan ini akan muncul di benak mereka yang kurang begitu paham.

Definisi bidang administrasi, yaitu suatu bidang studi yang mempelajari suatu tata usaha mulai dari mencatat, mengumpulkan suatu data, hingga mendapatkan hasil. Dari hasil pencatatan tersebut biasanya digunakan sebagai patokan untuk mengambil suatu keputusan yang dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Itulah yang dikerjakan di bidang administrasi.

Definisi Administrasi

Definisi bidang administrasi secara luas, antara lain sebagai berikut.

  1. Suatu proses yang melibatkan semua usaha dan kegiatan kelompok, baik negeri atau swasta, besar atau kecil, militer atau sipil, atau kejadian lainnya.
  2. Suatu langkah dalam membantu proses kelancaran dalam berorganisasi mulai dari perencanaan, membuat organisasi, memberikan suatu perintah atau peraturtan, membuat suatu koordinasi secara terstruktur untuk mengadakan hasil pengelolaan organisasi yang lebih baik.

Berdasarkan informasi tentang definisi di bidang Administrasi tersebut dapat diaplikasikan menjadi satu pengertian baru. Pengertian tersebut berkaitan dengan yang dikerjakan di bidang administrasi, antara lain mengelola kearsipan data perusahaan atau instansi pemerintahan.

Pembagian Kerja Administrasi

Sistem administrasi pada umumnya dibagi menjadi dua, yaitu administrasi niaga dan administrasi publik. Administrasi niaga, yaitu mengelola semua proses kearsipan manajemen perkantoran mulai dari produksi sebuah barang dihasilkan sampai berada di tangan konsumen. Sedangkan administrasi publik atau administrasi negara berkaitan dengan proses kelancaran semua pekerjaan yang dikelola aparatur negara hingga mencapai suatu hasil tujuan negara. Ada beberapa hal yang dikerjakan oleh bidang administrasi, antara lain sebagai berikut.

  1. Mengatur organisasi secara terstruktur dan terkoordinasi. Di sini kita akan menentukan tugas-tugas yang sesuai dengan kedudukan staf yang ada di organisasi demi kelancaran dalam mendapatkan suatu tujuan yang jelas. Menentukan organisasi tentunya diatur melewati rapat agar mendapatkan keputusan yang bersama-sama.
  2. Memberikan dorongan, motivasi kepada orang-orang yang ada dalam organisasi. Berani menentukan organisasi konsekuensinya, juga berani mempresentasikan tentang tugas-tugas yang mereka kerjakan.
  3. Pengawasan dalam melihat kinerja karyawan termasuk pengawasan terhadap kinerja kita sendiri. Di sini pengawasan tidak hanya bersumber pada laporan, melainkan juga lapangan untuk memaksimalkan suatu hasil tujuan. Penghargaan terhadap bawahan sangat penting karena kita dapat mempelajari manajemen dari yang paling bawah juga.
  4. Evaluasi dari hasil laporan selama proses pengumpulan data. Pengevaluasian dapat dilakukan secara langsung melalui lapangan agar tahu kejadiannya secara pasti. Hasil evaluasi tersebut dapat disampaikan setiap kali mengadakan pertemuan atau rapat.

Ada berbagai macam profesi yang melibatkan bidang administrasi. Contohnya saja  sekretaris perusahaan, bendahara, tata usaha, dan koordinator perusahaan. Biasanya profesi administrasi dipandang sebelah mata oleh atasan. Padahal, profesi administrasi adalah akar kuat dari berdirinya suatu organisasi, sehingga runtuhnya administrasi perusahaan, akan membuat perusahaan tidak pernah berkembang.

Demikian artikel tentang yang dikerjakan di bidang administrasi agar setiap organisasi bisa lebih jelas mengetahui tugasnya masing-masing.

Selanjutnya : Dampak Negatif Onani dan Tips Menghindarinya
Sebelumnya: Menguasai Tahapan Karya Tulis Sebelum Menulis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini