Apa yang Dimaksud Kegiatan Sosial Ekonomi Masyarakat


Masyarakat yang tinggal di suatu wilayah tentu melakukan berbagai kegiatan sosial ekonomi. Lalu apa yang dimaksud dengan kegiatan sosial ekonomi masyarakat? Pada pembahasan kali ini akan kami berikan jawabannya untuk Anda.
Manusia pada dasarnya merupakan mahluk sosial yang hidup dalam sebuah kelompok. Kelompok tersebut dinamakan masyarakat. Kehidupan masyarakat di suatu wilayah tentu tak akan lepas dari kegiatan sosial dan ekonomi.

Kegiatan Sosial Ekonomi

Kegiatan ekonomi suatu masyarakat mencakup kegiatannya dalam mencari nafkah. Pencarian nafkah ini terkait dengan tempat tinggal masyarakat tersebut. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah kaki gunung, biasanya memanfaatkan lahan disekitarnya untuk bercocok tanam.

Ada pula yang beternak unggas, kambing, dan sapi. Lalu ada yang melakukan budi daya ikan lele, ikan mas, nila, dan lain sebagainnya. Bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan laut, maka mata pencahariannya adalah menjadi nelayan dan mencari ikan di laut. Sedangkan bagi yang tinggal di perkotaan, biasanya mereka mencari nafkah dengan mencarilowongan pekerjaan yang ada pada suatu perusahaan atau menjadi pedagang.

Ada pula yang menjual jasa, seperti guru, penjahit, salon, dan lain sebagainnya. Cara setiap orang dalam mencari nafkah tentu berbeda-beda tergantung dari tempat tinggal dan kemampuan yang dimiliki.

Dalam melakukan usaha ekonomi, masyarakat pun akan melakukan kegiatan sosial, yaitu berinteraksi dengan masyarakat di sekitarnya. Kegiatan sosial tersebut dapat meliputi kerjasama dalam hal mencari nafkah, bisa juga interaksi sosial masyarakat di tempat mereka bermukim.

Jadi kegiatan ekonomi dan tempat tinggal masyarakat menentukan tingkat interaksi sosial mereka. Maka dari itu kegiatan sosial ekonomi masyarakat akan berjalan beriringan guna memenuhi kebutuhan hidup.

Kegiatan sosial ekonomi masyarakat memerlukan peranan yang baik dari setiap individu. Peranan tersebut harus mereka jalankan guna mendapatkan kegiatan sosial ekonomi yang terarah. Misalnya peranan yang baik antara penjual dan pembeli akan membuat proses perdagangan menjadi lebih mudah.

Demikianlah apa yang dimaksud kegiatan sosial ekonomi masyarakat beserta contohnya. Semoga dapat memberikan pengetahuan lebih kepada Anda yang ingin mengerti pola ekonomi suatu masyarakat.

Selanjutnya : Ciri-ciri yang Terjadi pada Lapisan Atmosfer
Sebelumnya: Mengenal Macam-Macam Benda Ruang Angkasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar