Yang Menyebabkan Orang Stroke Menjadi Tidak Bisa Berbicara

Stroke adalah penyakit yang banyak diderita oleh penduduk urban. Penyakit ini tidak disebabkan oleh pembawa eksternal seperti virus, kuman, bakteri ataupun racun dari binatang berbahaya. Penyakit ini adalah penyakit yang berasal dari dalam tubuh penderita itu sendiri.

Dampak dari penyakit ini biasanya adalah kelumpuhan hingga kematian. Kelumpuhan yang paling sederhana adalah pada daerah mulut, mulai dari mendadak cadel hingga kesulitan membuka mulut, dan tidak bisa bicara. Mengenai apa yang menyebabkan orang stroke menjadi tidak bisa berbicara, akan dikupas dalam artikel ini.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab kesulitan bicara pada penderita stroke, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang penyakit ini. Secara bahasa, stroke artinya serangan otak.

Secara istilah maksudnya adalah suatu penyakit yang timbul karena terjadinya penyempitan, pengerasan, penyumbatan, dan pecahnya pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak.

Itulah sebabnya penyakit ini disebut dengan serangan otak, karena otak memang seperti mendapat serangan mendadak, dengan penyempitan, penyumbatan hingga pecah pembuluh darah di otak membuat asupan oksigen, serta darah ke otak menjadi berkurang dan menyebabkan kematian sel-sel saraf di dalam otak.

Pada beberapa kasus, pada penderita yang mendapatkan serangan yang parah biasanya hanya dapat bertahan beberapa hari bahkan beberapa jam saja, hal ini biasanya didahului dengan koma.

Serangan yang cukup parah tapi tidak mematikan dapat menyebabkan kelumpuhan seluruh badan atau separuh badan. Sedangkan pada serangan ringan, penderita mengalami kelumpuhan yang tidak parah, seperti lumpuh pada tangan atau kaki saja, pada beberapa organ seperti mulut, mata, dan telinga.

Penyebab kelumpuhan ini karena ”serangan otak” tadi mematikan saraf-saraf penting di otak yang berhubungan dengan organ lain. Untuk itu, lumpuh yang terjadi pada tiap orang juga berbeda-beda bergantung pada lokasi serangan tersebut.

Pada penderita yang tidak bisa bicara, untuk kemungkinan sembuh masih besar, yaitu dengan menjalani terapi pijat dan akupuntur serta ditambah beberapa obat herbal atau kimia untuk melancarkan gumpalan yang menyumbat aliran darah ke otak.

Hal tersebut bisa saja tidak kambuh kembali asal menjaga kesehatan dan asupan makanan serta berolahraga. Dari analisis tersebut dapat diketahui, bahwa penyumbatan darah ke otak dan matinya saraf pengontrol lisan di otaklah yang menyebabkan orang stroke menjadi tidak bisa berbicara.

Loading...
Selanjutnya : Yang Perlu Dipersiapkan Bekal untuk Umroh
Sebelumnya: Mengenal Ciri Anak Indigo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar