Hal- Hal Yang Termasuk Unsur Intrinsik Drama


Drama merupakan bagian dari sastra yang seringkali kita lihat. Drama memiliki keunikan sendiri yang membedakannya dengan prosa atau puisi. Kesatuan yang utuh lahir dari imajinasi, pikiran dan perasaan, unsur drama terbagi menjadi dua unsur yaitu unsur ekstrinsik dan unsur instriksik.

Membicarakan hal yang termasuk unsur intrinsik drama sama dengan menceritakan kisah drama sendiri, karena mencakup hal-hal yang menjadi gambaran drama sebuah. Pengertian dari unsur intrinsik tidak baku, yang dimaksud dengannya adalah faktor-faktor yang membangun drama secara keseluruhan dan tampil sebagai sebuah karya yang memiliki nilai sastra.

Bagian-bagian Unsur Intrinsik Drama

Bagian dari unsur intrinsik drama seperti:

  1. Judul, pemilihan judul yang tepat dan menarik sebagai awalan gambaran yang diberikan akan menggugah keingintahuan penikmat drama. Judul baiknya bisa menunjukkan hal-hal seperti tokoh utama, objek yang diceritakan, alur waktu, atau hanya sebuah identifikasi kondisi dalam cerita drama.
  2. Tema, yang merupakan pikiran pokok yang menjadi landasan cerita.
  3. Pesan atau amanat yang ingin disampaikan dalam cerita drama. Divisulisasikan dari adegan per adegan yang akhirnya penonton memiliki kesimpulan pesan apa yang disampaikan.
  4. Alur atau plot yang menjalin cerita dengan rapi dan baik sesuai urutan waktu yang tepat. Plot dibagi menjadi dua dalam drama yaitu babak dan adegan.
  5. Karakter para tokoh, akan lebih menghidupkan drama dengan alur yang melekat padanya. Penokohan dalam drama terbagi beberapa jenis; tokoh protagonis, antagonis dan tirtagonis yaitu tokoh pemeran pembantu yang perwatakannya tidak menonjol dalam drama, tidak antagonis atau protagonis sekalipun.
  6. Dialog, inilah keunikan karya sastra drama. Dialog merupakan cerminan pemikiran para tokoh yang berwatak masing-masing  untuk semakin menonjolkan karakternya.
  7. Latar cerita atau setting, akan mendukung suasana drama dengan memberi efek realitas pada penikmat drama.
  8. Petunjuk laku, yang membantu menjelaskan jalannya cerita drama sehingga mampu dipahami oleh penikmat drama.
  9. Konflik, disinilah kelihaian penulis drama diuji. Mampu menampilkan konflik yang  menarik akan diminati penonton maupun pembaca naskah drama.
  10. Pemilihan bahasa, membantu pemahaman penikmat drama. Sehingga bahasa yang segar, komunikatif dengan gaya bertutur yang unik akan mampu menarik minat penikmat drama.

Itulah hal-hal yang termasuk unsur intrinsik drama yang memiliki peranan penting dalam sebuah karya drama.

Mari menulis !!

Selanjutnya : Konflik yang Melibatkan Negara di Benua Amerika dan Negara Lain
Sebelumnya: Menjadi Developer Properti Sukses
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar