Yuk, Sebutkan Ciri-ciri Kondisi Geografis di Indonesia yang Beriklim Tropis!


Indonesia merupakan salah satu negara yang berada tepat di garis khatulistiwa, yang membuatnya menjadi negara yang beriklim tropis. Indonesia mempunyai panjang bujur dari bujur barat hingga bujur timur sebesar 46o dan panjang lintang dari lintang utara hingga lintang selatan sebesar 17o. Garis lintang juga digunakan untuk membagi berbagai wilayah bumi ke dalam pembagian iklim matahari. Sehingga dengan memerhatian hal itu, setidaknya bisa sebutkan ciri-ciri kondisi geografis di Indonesia yang beriklim tropis sebagai berikut:

  1. Wilayah Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi.
  2. Wilayah Indonesia juga banyak dipenuhi oleh hutan hujan tropis yang sangat luas bahkan dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia yang ikut serta dalam menyeimbangkan suhu bumi.
  3. Hutan hujan tropis juga menghasilkan berbagai keuntungan terutama nilai ekonomis.
  4. Wilayah Indonesia juga banyak menerima cukup sinar matahari selama sepanjang tahun.
  5. Indonesia memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi diakibatkan banyaknya penguapan yang terjadi.

Letak Geografis Indonesia

Sementara itu, jika dilihat dari letak geografis Indonesia yang terletak di dua benua besar yakni benua Asia dan Australia, membuat Indonesia dikarunia beragam kekayaan alam terutama kekayaan alam bahari. Tidak hanya kekayaan alam saja, namun juga memberikan banyak manfaat dari segi ekonomi, budaya, politik, dan aspek kehidupan lainnya.

Selain itu, letak geografis Indonesia ini juga memengaruhi perubahan iklim. Indonesia yang terletak pada 6 Derajat LU-11 Derajat LS adalah sebuah negara beriklim tropis yang mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan hujan yang berlangsung secara bergantian sepanjang tahun setiap enam bulan sekali.

Salah satu penyebab Indonesia memiliki dua musim bergantian sepanjang tahun adalah letak geografis Indonesia yang berada di dua benua yang menyebabkan terjadinya angin muson. Angin muson adalah angina yang terjadi setiap 6 bulan sekali yang bergerak bergantian arah (timur dan barat) yang diakibatkan oleh adanya perbedaan tekanan antara benua Asia yang terletak di bagian utara dan benua Australia yang berada di bagian selatan bumi.

Dengan sebutkan ciri-ciri kondisi geografis di Indonesia yang beriklim tropis, Indonesia sering kali disebut sebagai surga dunia karena limpahan kekayaan alam dan sumber daya yang tersedia. Letak geografis Indonesia yang juga sangat strategis ini semestinya bisa dimanfaatkan

Selanjutnya : Bagaimana Politik Hukum Perdata Hindia Belanda di Indonesia?
Sebelumnya: Kata-kata Mutiara Untuk Umat Kristiani yang Sedang Patah Hati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar