Zaman Babilonia Sebelum Prasejarah Menuju Kemerdekaan


Bagaimana zaman Babilonia sebelum prasejarah menuju kemerdekaan? Babilonia adalah salah satu kerajaan kuno yang terkenal pada zaman sebelum Masehi. Kerajaan ini berada di sebelah selatan Mesopotamia atau yang sekarang lebih dikenal dengan negara Irak. Kerajaan Babilonia terkenal karena kaya akan kebudayaan serta menjadi salah satu pusat peradaban kuno yang maju.

Babilonia

Berbagai peninggalan kerajaan ini menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi para arkeolog dunia, guna mengetahui pola kehidupan zaman sebelum Masehi. Sayangnya, belum ada catatan sejarah lengkap mengenai zaman Babilonia sebelum prasejarah menuju kemerdekaan kerajaan tersebut.

Ahli sejarah percaya bahwa kerajaan ini berawal dari deklarasi kemerdekaan seorang raja bernama Sumuabum yang berasal dari Suku Amorite pada sekitar tahun 1894 SM.

Kerajaan ini awalnya hanya merupakan kerajaan kecil di wilayah kekaisaran Akkadia yang luas. Oleh karena itu, kebudayaan Babilonia sangat dipengaruhi kebudayaan Akkadia dan juga kebudayaan Sumeria.

Kerajaan ini kemudian memasuki masa kejayaan pada masa pemerintahan Raja Hammurabi (1696-1654 SM) yang peradabannya kemudian disebut dengan peradaban Babilonia Kuno. Kebudayaan yang menonjol pada masa ini adalah penggunaan tanah liat sebagai bahan dasar pembuatan bangunan serta alat-alat rumah tangga di Babilonia.

Selain itu, pada masa ini ternyata ilmu matematika juga sudah mulai berkembang begitupula dengan ilmu astronomi sederhana. Seperti penghitungan lamanya waktu siang-malam hingga prediksi letak bintang-bintang di angkasa.

Setelah kekuasaan raja-raja Babilonia tumbang, muncullah kekaisaran Neo-Babilonia atau yang terkenal dengan peradaban Babilonia baru. Raja yang paling terkenal pada masa ini adalah Raja Nebukanezar II. Pada masa pemerintahannya, Raja Nebukanezar II memerintahkan untuk membangun sebuah taman gantung atau taman yang berada di bagian atas istana dan menara sehingga tampak tergantung.

Taman ini dipersembahkan oleh Sang Raja untuk permaisurinya tercinta yang menyenangi tanaman-tanaman indah. Taman ini menjadi sangat tersohor di seluruh dunia pada masa itu sebagai taman terindah yang pernah dibangun. Kekuasaan Kerajaan Babilonia berakhir pada sekitar tahun 539 SM karena dikalahkan oleh Kerajaan Persia.

Secara singkat, demikianlah sejarah Kerajaan Babilonia dan memang tidak didapatkan catatan lengkap zaman Babilonia sebelum prasejarah menuju kemerdekaan kerajaan tersebut. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Dengan Aplikasi twitter 50 Follower per Hari Mudah Didapat
Sebelumnya: Penyebab-penyebab Kelenjar Leher Bengkak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar