Zat Berbahaya dalam Makanan


Dalam keseharian kita, ada banyak zat berbahaya dalam makanan yang tidak kita sadari. Zat-zat berbahaya tersebut bisa berupa pengawet, penyedap, pewarna, pemanis, atau bahan campuran lainnya.

Zat-zat ini tentu akan berpengaruh pada tubuh kita, meskipun dampaknya akan terlihat dalam waktu yang cukup lama. Tak hanya bisa menjadi penyakit, zat-zat seperti ini juga bisa menyebabkan kematian.

Berikut ini beberapa zat berbahaya yang sering terdapat dalam makanan atau minuman.

  • Sakarin

Sakarin merupakan bubuk kristal yang sangat manis dan berwarna putih.Tingkat rasa manis yang dimiliki sakarin sekitar 55 kali lebih manis dari gula biasa. Sakarin ini sangat populer di kalangan masyarakat sebagai pengganti gula.

Dalam sebuah penelitian, tikus percobaan yang diberikan sekitar 5% dari makanannya selama kurang lebih 5 tahun menunjukkan adanya kanker pada kandung kemih. Hal ini setara dengan 175 gr skarin yang dikonsumsi setiap hari selama 2 tahun.

  • Siklamat

Siklamat merupkan bubuk kristal yang memiliki tingkat rasa manis 30 kali dari gula tebu. Jika penggunaan siklamat berlebihan pada makanan, akan terasa pahit juga getir. Jika dikonsumsi secara terus-menerus, siklamat ini dapat mengakibatkan pecahnya kromosom sel leukosit.

  • Nitrosamin

Nitrosamin atau sodium nitrit adalah bahan kristal yang agak kuning. Bahan ini banyak digunakan masyarakat untuk mempertahankan warna daging yang asli dan segar. Selain itu, bahan ini juga digunakan untuk memberi aroma khas pada makanan seperti aroma sosis, kornet, keju, ham, dendeng, dan sebagainya. Bahan ini dapat digunakan dengan ambang batas maksimal 500 ppm.

  • MSG

Monosodium glutamate atau MSg sering digunakan sebagai penyedap masakan. Masyarakat Indonesia sering menyebutnya vetsin. Jika bahan ini dikonsumsi secara terus-menerus, akan terjadi degenerasi sel, mutasi sel, hingga menyebabkan berbagai macam kanker.

Selain bahan-bahan di atas, masih banyak zat berbahaya lain seperti pewarna sintesis yang sering digunakan pada berbagai macam makanan dan minuman. Dengan adanya akibat-akibat dari zat berbahaya tersebut, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Demikianlah informasi tentang zat berbahaya dalam makanan ini. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda menjadi lebih berhati-hati.

Selanjutnya : Mengenal Zamrud Cikotok
Sebelumnya: Obat Jerawat dari Daun Pegagan yang Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar